Ini Target Penjualan Toyota di Indonesia

Ini Target Penjualan Toyota di Indonesia

BERBAGI
KIPRAH 45 TAHUN TOYOTA DI INDONESIA

 

JAKARTA – Selama 45 tahun kiprahnya di Indonesia hampir  5 juta unit kendaraan yang telah berhasil dipasarkan Toyota Indonesia di pasar dalam negeri. Angka tersebut sangat luar biasa.

Bersamaan dengan itu, pada bulan September 2016 lalu, 1 juta unit model Toyota buatan Indonesia berhasil di ekspor ke mancanegara dalam bentuk kendaraan utuh. Itu data di tahun 2016 tentu ada peningkatan dari tahun ke tahun.

Sebagai rasa terimakasih atas dukungan berbagai pihak atas perjalanan selama 45 Tahun  di Indonesia, Toyota Indonesia kerap menggelar perhelatan Toyota Clasic Concert sekaligus untuk menggalang dana sebesar Rp 1,5 miliar yang akan didonasikan untuk membangun Eco Gallery di 10 sekolah peserta Toyota Eco Youth Program.

“Kami sangat gembira dan berterimakasih atas dukungan semua pihak sehingga Toyota dapat berkiprah di Indonesia selama 45 tahun. Pencapaian ini tidak terlepas dari, kepercayaan masyarakat Indonesia selama ini terhadap produk, teknologi dan layanan Toyota, peran Pemerintah Indonesia dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif di sektor otomotif, serta dukungan mitra kami para pemasok dan dealer di Indonesia” kata  Managing Officer TMC, CEO for Asia, Middle East & North Africa dan President Director TAM Hiroyuki Fukui.

Seperti dikutip di web site Toyota Indonesia, perusahan melakukan ekspor kendaraan utuh (completely built-up/CBU) sejak tahun 1987. Produk ekspor pertama adalah Kijang generasi ke-3 (Kijang Super) yang diekspor ke Brunei Darussalam. Pada saat itu, volume ekspor pertahunnya berada dikisaran 500 unit dengan 5 negara tujuan di kawasan ASEAN dan Pasifik.

Komitmen ekspor Toyota Indonesia terus berkembang dan meraih momentum besar sejak pengembangan Toyota Kijang generasi ke-5 atau dikenal dengan Kijang Innova di tahun 2004. Kinerja ekspor Toyota Indonesia terus meningkat di tahun-tahun berikutnya seiring dimulainya produksi Fortuner, Vios, dan Yaris di Indonesia.

Saat ini rata–rata volume ekspor kendaraan utuh model Toyota dari pabrik Toyota dan grup di Indonesia telah mencapai 12.000 unit per bulan. Tahun lalu, ekspor kendaraan utuh model Toyota dari Indonesia mencapai angka 176.700 unit, menyumbang sekitar 85% dari total ekspor kendaraan utuh Indonesia.

“Milestone terkini ekspor Toyota Indonesia tercapai pada bulan September 2016, dengan akumulasi volume ekspor yang berhasil menembus angka 1 juta unit, tepatnya 1,001,726 unit,” sebutnya.

Toyota Indonesia juga melakukan kegiatan ekspor dalam bentuk kendaraan terurai (Complete Knock-Down/CKD), 2 tipe mesin bensin dan ethanol, komponen, serta alat bantu produksi di proses pengepresan (Dies) dan proses pengelasan (Jig). Produk-produk ekspor Toyota Indonesia ini dikapalkan ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, serta Afrika.

“Pencapaian 1 juta unit ekspor model Toyota dari Indonesia merupakan bukti bahwa produk otomotif Indonesia mampu bersaing di pasar global. Posisi Toyota Indonesia kini semakin strategis sehingga memberi peluang untuk lebih meningkatkan kontribusi dalam percaturan industri otomotif nasional, sekaligus menjadi salah satu basis produksi dan ekspor global mobil Toyota untuk mensuplai pasar internasional ke lebih dari 80 negara di berbagai belahan dunia,” jelas President Director TMMIN Masahiro Nonami.

Untuk bersaing baik di pasar domestik dan ekspor, Toyota Indonesia dituntut untuk memiliki dan selalu meningkatkan kualitas global dari produk-produk buatannya.

Untuk ini, dalam produksi mobil-mobilnya TMMIN menjalankan kemitraan yang erat dengan pemasok lokal agar dapat bersama-sama tumbuh dan meningkatkan kualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. (t3)

 

 

Facebook Comments