Innalillahiwainnailaihirajiun: Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia

 Innalillahiwainnailaihirajiun: Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia

MALAYSIA – Innallillahiwainnailaihirajiun. Informasi duka datang dari cendekiawan Indonesia yang juga Ketua Dewan Pers Prof. DR H Azyumardi Azra, MPhil, MA, CBE yang dikabarkan telah meninggal dunia di RS Malaysia, tepatnya hari ini pada pukul 11.30 WIB atau 12.30 waktu Malaysia, Ahad (18/9/2022).

Adalah Prof Azra begitu biasa disebut rektor UIN dua periode periode 1998-2006 itu dikabarkan wafat. Di mana sebelumnya telah menjalani sejumlah perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia.

“Betul. Tadi saya sudah konfirmasi ke istri almarhum yang mendampingi Pak Azyumardi di sana. Dan informasi kami dapatkan, sekarang jenazah almarhum sedang diurus oleh pihak kedutaan,” ujar Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Dewan Pers, Ninik Rahayu, Ahad (18/9/2022).

Informasi kematian Prof Azra juga datang kampus tercinta Universitas Islam Negeri (UIN). Rektor UIN Jakarta Prof Amany Lubis mendapatkan info dari keponakan almarhum.

“Iya, tadi kita dapat kabar yang diperoleh dari keponakan beliau. Kita belum tahu persis kapan dipulangkan ke Jakarta,” kata Prof Amany Lubis, Ahad (18/9/2022).

Sebelum menghembuskan nafas terakhir almarhum, pihak KBRI sempat menjenguk yang dirawat di RS di ibu kota Kuala Lumpur, Malaysia.

Sesuai informasi pihak rumah sakit, sebelumnya almarhum di dirawat di ruang zona merah bagi perawatan pasien terinfeksi Covid-19. Karena informasi sebelumnya, almarhum terinfeksi Covid-19.

KBRI Kuala Lumpur mengungkapkan, pihak Keluarga Prof Azra sedang perjalanan menuju Kuala Lumpur.

Awalnya, Prof Azra ada di negara jiran karena sedang dalam kunjungan kerja ke Malaysia. Almarhum sempat mengalami gangguan kesehatan selama perjalanannya menuju Kuala Lumpur, dan akhirnya mendapatkan perawatan medis dan sempat dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait

2 Comments

  • semoga husnul khatimah. dapat 3 amal abadi : seekah jariyah, ilmu manfaat dan anak soleh

    • Innaa lillaahi wa innaa ilaihi Rooji’uun.
      “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepadanya lah kami akan kembali “

Comments are closed.