Jakarta Siaga Banjir, Gubernur Anies Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Kewaspadaan

Jakarta Siaga Banjir, Gubernur Anies Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Kewaspadaan

SHARE
Saat Gubernur Anies meninjau pintu air manggarai siang ini, Senin (5/2/2018) (foto FKDM Kecamtan Matraman)

JAKARTA – Banjir melanda sejumlah titik permukiman warga di wilayah Jakarta Timur dan sekitarnya. Salah satunya adalah Kampung Melayu yang mencapai Ketinggian air siang ini mencapai 70-125 cm.

Dengan sigap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan intruksi kepada seluruh jajarannya untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang lebih besar melanda DKI.

“Ibu/Bapak jajaran Pemprov DKI dan seluruh petugas Operasi Siaga Ibukota di lapangan. Assalamu alaikum wr wb. Pagi tadi (5/2/2018) kita menerima kabar tentang tingginya debit air di Katulampa yg sudah mencapai Siaga 1 dengan ketinggian air adalah 240 cm. Saya bicara per telepon dengan Walikota Bogor tadi dan beliau telah mengeluarkan peringatan dini juga tentang kemungkinan banjir kiriman yang diperkirakan sampai Jakarta siang/sore nanti,” jelas Anies seperti disampaikan pada wartawan.

Sebagai penanggungjawab ibukota negara, Anies menyiapkan seluruh potensi yang dimiliki pemerintahan DKI Jakarta untuk mengantisipasi banjir lebih luas menerjang warganya. Seorang pemimpin yang patut dicontoh.

“Harap bersiaga penuh, pastikan seluruh pasukan dan peralatan siaga. Dalam sisa waktu yang ada segera lakukan upaya yang diperlukan untuk mencegah dampak yang buruk. Komunikasikan dengan baik kepada warga di wilayah berpotensi terdampak untuk bersiap. Berikan arahan dan bantuan kepada warga. Pastikan koordinasi dan komunikasi terjalin dengan baik antar SKPD terkait. Siang ini saya juga akan memantau langsung di beberapa pintu air,” jelasnya.

Di sebagian wilayah Jakarta yang tergenang air banjir yang kotor berwarna cokelat menggenangi permukiman warga. Terlihat beraneka ragam perabotan warga di lantai dasar rumah sudah basah terendam air bajir membuat mereka menyelamatkan diri ke lantai 2 rumah mereka.

“Mari tingkatkan kewaspadaan, siapkan diri membantu warga dan mengamankan kota petang ini dan hari-hari ke depan. Dalam bertugas, jangan lupa untuk menjaga keselamatan dan kesehatan diri,” sambung Anies menyampaikan Selamat bertugas kepada jajarannya. (HMS)

Facebook Comments
Baca juga :   Peneliti: Kaum Minoritas Tentukan Pilihan karena Faktor SARA, Mayoritas Sebaliknya...
Iklan: