Jambore Pemuda Usai, Menteri Jonan Didaulat jadi Dewan Pembina Satgas Maritim Pemuda

 Jambore Pemuda Usai, Menteri Jonan Didaulat jadi Dewan Pembina Satgas Maritim Pemuda

JAKARTA, Lintasparlemen.com – Rangkaian Jambore Nasional Poros Meritim Pemuda resmi di tutup oleh Ketua Umum DPP KNPI Muhammad Rifai Darus. Pada kesempatan itu dihadiri oleh Bakamla RI Laksma Andi Ahdar, Gubernur Maluku Said Assagaf, Sekda Bangka Fery Insani dan sejumlah undangan lainnya.

 

Acara penutupan digelar di Pantai Matras Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Rabu/27/04/2916) lalu.

Dalam sambutannya Muhammad Rifai Darus mengatakan, Satgas Maritim Pemuda ini akan memprioritaskan tiga hal utama.

“Satgas Maritim Pemuda ini akan mengemban tiga tugas utama yaitu pelestarian sumber daya kelautan, penanggulangan bencana tsunami dan ke tiga menegakan kedaulatan maritim,” ujar MRD sapaan Muhammad Rifai Darus.

Sebagaimana isi deklarasi bahwa Satgas Maritim Pemuda ini akan dibentuk secara terstruktur dari pusat hingga ke pelosok pedesaan di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Baharudin Farawowan Ketua Bidang Maritim DPP KNPI yang juga adalah Ketua Panitia Nasional Jambore Poros Maritim Pemuda ini usai dikukuhkan dengan menerima Bendera Satgas Maritim Pemuda dari Ketua Umum DPP KNPI mengatakan, bahwa pihaknya akan segera menyusun struktur satgas Maritim Pemuda mulai dari pengurus pusat dengan kepengurusan dewan Pembina pimpinan instansi terkait.

“Kami terlebih dahulu membentuk kepengurusan di Tingkat Pusat hingga dewan pembina seperti Kepala Bakamla RI, Bapak Arie Soedewo, Menteri Perhubungan Bapak Ignasius Jonan, Kasal TNI dan beberapa tokoh pemerintah lainnya yang telah menyatakan kesediaan,” ujar Bahar.

Diketahui saat pembukaan Jambore Nasional Poros Maritim Pemuda (25/04) Oleh Menteri Perhubungan RI yang di wakili Sekjend Kementerian Sugiharjo Ketum DPP KNPI menyematkan Seragam Satgas Maritim Pemuda kepada Sekjend Kemenhub, Staf Khusus Menteri Bapak, Hadi M.Djuraid dan menitipkan seragam Satgas untuk menteri perhubungan Bapak Ignasius Jonan.

Deklarasi Satgas Maritim Pemuda ini sendiri dikuti oleh 27 ketua DPD KNPI Provinsi Se-Indonesia, 152 Organisasi Kepemudaan Nasional dan Unsur Pemuda Kemaritiman lainnya.

Baharudin Farawowan melanjutkan, bahwa Satgas Maritim Pemuda ini juga adalah bentuk kemitraan DPP KNPI dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI yang sedianya akan melakukan penandatanganan Kerjasama saat jambore ini.

Namun disayangkan Kepala Bakamla RI masih berada di luar negeri sehingga di tangguhkan penandatangananya di Jakarta nantinya.

“Karena Kepala Bakamla masih berada di luar negeri, maka penandatanganannya ditangguhkan nanti di Jakarta,” demikian Farawowan mengungkapkan pada Lintasparlemen. (Johan)

Digiqole ad

Berita Terkait