‘Jangan Klaim Diri Sendiri Paling Pancasilais, Sementara yang Lain Tidak’

‘Jangan Klaim Diri Sendiri Paling Pancasilais, Sementara yang Lain Tidak’

BERBAGI

SIJUNGJUNG – Anggota MPR RI Hermanto menyebutkan ada pihak yang selalu melakukan personalisasi Pancasila.

Nilai-nilai Pancasila disesuaikan dengan ukuran personal yang bersifat subyektif. Tafsir nilai-nilai Pancasila yang benar hanya berdasarkan pendapatnya.

“Seolah-olah hanya dia yang Pancasilais, yang lain tidak Pancasilais. Tidak boleh demikian. Hal ini akan menimbulkan kegaduhan dan bisa mengancam keutuhan NKRI,” papar Hermanto dihadapan peserta kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR di Aula Utama Wisma Keluarga, Muaro, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat belum lama ini.

Hadir sebagai peserta dalam kegiatan tersebut 3 anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Syofian Hendri, Antonio Oksa Mursil dan Hendri Susanto.

Kalau Pancasila ditafsirkan menurut kehendak personal, kata Hermanto, maka jelas akan ada perbedaan.

“Pihak yang melakukan personalisasi Pancasila secara tidak langsung telah menggunakan Pancasila untuk membelah bangsa,” tandas legislator dari FPKS MPR ini.

“Padahal, Pancasila itu konsensus Bangsa Indonesia. Pancasila merupakan pemersatu Bangsa Indonesia,” tambahnya.

Lebih jauh Hermanto mengingatkan agar jangan benturkan Pancasila dengan agama. Masalah itu sudah selesai.
“Pancasila sudah final. Apalagi untuk orang Sumatera Barat, ” ujarnya.

Menurutnya, tugas kita saat ini adalah berupaya melakukan internalisasi dan objektivikasi lalu mengejawantahkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita jaga keutuhan NKRI dengan menahan diri dari mengeluarkan pernyataan yang mengandung personalisasi Pancasila,” pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini. (joko)

Facebook Comments