Jelang Pemilu 2024, Jokowi Diam-diam Beri Sinyal Dukung Puan?

 Jelang Pemilu 2024, Jokowi Diam-diam Beri Sinyal Dukung Puan?

JAKARTA – Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan calon presiden pada Pemilu 2024 tidak cuma bermodalkan elektabilitas mengundang pertanyaan publik.

Menurut Pangi Syarwi Chaniago Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting menilai pernyataan Jokowi bisa merujuk kepada Ketua DPP PDIP Puan Maharani sekaligus Ketua DPR RI.

“Kita bisa tangkap sinyal itu bahwa elektabilitas Puan tidak semoncer Ganjar,” kata Pangi kepada wartawan, Senin (29/8/2022).

Lebih jauh, Pangi mengatakan, indikasi pesan Jokowi tersebut juga bisa diterjemahkan kalau sikap PDI Perjuangan soal kebutuhan Indonesia tidak hanya soal indikator elektabilitas.

“Jadi tinggal bagaimana PDIP apakah tetap konsisten mendukung capres yang mengakar di parpol dan ideologis atau tidak,” jelasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi mengingatkan para relawan untuk tidak buru-buru mendukung calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Sebab, prasyarat untuk menjadi capres tidak cukup bermodalkan elektabilitas, tetapi harus mendapat dukungan partai politik (parpol) atau gabungan parpol.

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait