JMP Aksi Sahur Bersama Warga Korban Penggusuran Jakarta

 JMP Aksi Sahur Bersama Warga Korban Penggusuran Jakarta

JAKARTA, LintasParlemen.com–Jaringan Merah Putih (JMP) yang dikoordinir oleh Nanik Sudaryati, Koordinator Aksi JMP sekira pukul 01.30, Sabtu (11/5/2016) dini hari tadi, berangkat dari Dapur Cibubur meluncur ke Kampung Aquarium, Pasar Ikan -Luar Batang, Jakarta Utara untuk melakukan kegiatan sahur bersama.

Kedatangan mereka rupanya disambut antusias warga dari anak-anak sampai kakek-kakek. Pasalnya, selama ini memang belum pernah ada yang mengajak mereka sahur bersama.

“Alhamdulillah, ini berkah bagi kami, selama ini belum ada yang melakukan kegiatan sosial seperti ini,” kata Upik salah satu koordinator untuk korban penggusuran di situ.

Menurut Upik, kalau kegiatan buka bersama hampir tiap hari ada yang mengadakan.

Nasi ayam goreng, ditambah donat, dan makanan kecil menambah kegayengan dini hari itu. Seolah kesedihan dini hari itu sirna dengan kegiatan sahur bersama , dan meluncurlah guyonan-guyonan satire atas nasib mereka.

“Yang istimewa malam itu bukan hanya warga Kampung Aquarium, ada juga datang warga dari daerah Kembangan Utara (dekat sungai Angke) yg saat juga terancam akan digusur,” paparnya.

Warga Kembangan Utara dekat sungai Angke itu juga seperti warga Kampung Aquarium, tidak tahu menahu mengapa digusur dan akan digunakan apa tempat mereka nantinya.

Setahu mereka , di sekitar tempat tinggal mereka berdiri apartemen -apartemen mewah milik para Naga. Padahal di antara mereka juga memiliki sertifikat dan membayar PBB.

“Bersahur dengan mereka yg terusir di tanah kelahiran mereka, membuat kesedihan ikut bergolak, tidak membayangkan bagaimana beratnya mereka harus menjalani puasa dengan beratap langit , dalam cuaca yangpanas dan berdebu,” papar Nanik.

Alhamdulillah, sejauh ini masih banyak teman-teman yg terus peduli pada nasib mereka, baik melalui JMP, atau organisasi lain.
“Kita doakan ada keajaiban di DKI, sehingga tindakan amoral yang tidak berperikemanusiaan kenyamanan orang-orang kaya tidak berlangsung terus di DKI,” harapnya.

(Adhy S)

Digiqole ad

Berita Terkait