JPPR: Meme Pilkada Jakarta‎, Ikut Panasi Situasi DKI Jakarta

 JPPR: Meme Pilkada Jakarta‎, Ikut Panasi Situasi DKI Jakarta

JAKARTA, Lintasparlemen.Com – Proses pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta sudah menghangat. Keragaman latar belakang bakal calon menjadi penentu kemenangan demokrasi itu. Termasuk soal pluralitas warga serta kuatnya arus media sosial menjadi dalam perbincangan yang hangat akhir-akhir ini.

“Salah satunya adalah munculnya meme-meme terkait Pilkada Jakarta. Dalam penelusuran JPPR, terdapat beragam meme yang berbau isu SARA terpublikasi secara viral di media jejaring social,” kata Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz, seperti rilis diterima, Jakarta, Sabtu (19/03).

Menurut Masykurudin, pesan yang disampaikan oleh meme tersebut bernada ejekan, merendahkan dan menegasikan seseorang berdasarkan aspek primordial.

“Ketiadaan informasi pembuat dan tujuan penyebaran meme-meme yang bergerak secara cepat dan liar pada akhirnya mengurangi kualitas informasi publik yang diterima masyarakat,” ujarnya.

Apapun tujuan, lanjutnya, pembuatan dan penyebaran dari meme tersebut, nyatanya telah memenuhi ruang publik yang secara otomatis memberikan informasi yang sepotong-sepotong dan menegasikan satu sama lain.‎

Ia pun menyangkan dengan meme yang tersebar luas di media social (Medsos), kemudian disebarluaskan oleh netizen hingga hampir seluruh masyarakat Indonesia tahu apa yang sedang terjadi di ibukota negara.

“Pada akhirnya, hak warga Jakarta untuk mendapatkan informasi berimbang dan mendalam terkait pencalonan Pilkada Jakarta, menjadi tersendat. (SCA)

Digiqole ad

Berita Terkait