Junaidi: Ayo Bangun Kedaulatan Rupiah di Dalam Negeri

Junaidi: Ayo Bangun Kedaulatan Rupiah di Dalam Negeri

BERBAGI

LAMPUNG – Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Junaidi Auly berharap transaksi yang dilakukan oleh pelaku usaha menggunakan uang rupiah sebagai alat transaksinya. Itu untuk menjaga kedaulatan bangsa.

“Kami sangat berharap kepada para pelaku usaha khususnya dalam bidang ekspor impor agar transaksinya menggunakan rupiah, rupiah harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Junaidi saat melakukan Sosialisasi Keaslian Uang Rupiah dan Memperlakukan Uang Rupiah NKRI melalui pagelaran Senin Wayang Kulit dengan Bank Indonesia di Raman Utara, Lampung Timur. (24/2/2018) kemarin.

Anggota Legislatif dari Fraksi PKS ini mengungkapkan uang bukan soal alat pembayaran semata. Tapi bagaimana bangsa ini bersama-sama membangun dan menegakkan kedaulatan rupiah dan sekaligus mendukung stabilitas makroekonomi.

“Kesadaran bukan saja perlu dibentuk, tapi dilakasanakan oleh semua elemen termasuk didalamnya pelaku industri besar untuk konsisten menggunakan uang rupiah. Ketergantungan terhadap dolar harus terus dikurangi sesegera mungkin,” jelasnya.

“Kami apresiasi ketika Bank Indonesia mengeluarkan aturan terkait penggunaan mata uang rupiah untuk bertransaski di wilayah Indonesia, namun apakah semua pelaku usaha sudah mematuhi peraturan tersebut, tentu perlu pengawasan yang komprehensif,” kata Anggota DPR Dapil Lampung II ini.

Selain itu, Anggota yang biasa disapa dengan Bang Jun ini menambahkan, BI harus terus mengedukasi masyarakat pelosok di berbagai daerah.

“Kami berharap Bank Indonesia terus melakukan edukasi khususnya di berbagai daerah perbatasan, edukasi tersebut bisa berkaitan dengan penggunaan uang rupiah, ciri-ciri keaslian uang rupiah dan bagaimana memperlakukan uang rupiah,” tutup Junaidi.

 

Facebook Comments