Kenapa Fadel Muhammad Sangat Layak Pimpin DPR RI?

 Kenapa Fadel Muhammad Sangat Layak Pimpin DPR RI?

Politisi Senior, Mantan Meteri Perikanan dan Kelautan yang pernah menjabat Gubernur Dua Periode Gorontalo

SIAPA yang tak kenal Ir. H. Fadel Muhammad Al-Haddar? Politisi senior yang lahir di Ternate, Maluku, 20 Mei 1952 lalu yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar)  periode 2011-2015.

Artinya, dengan pengalaman dimilikinya, figur Fadel sangat layak menggantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI. Meski dari nama-nama kandidat yang muncul punya pengalaman besar juga. Namun, pengalaman yang dimiliki Fadel tak bisa ditandingi. Lihat Saja!!!

Fadel pernah menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Indonesia Bersatu II dari 22 Oktober 2009 hingga reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II pada tanggal 18 Oktober 2011 di bawah kepemipinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dan sebelumnya, Fadel pernah menjabat Gubernur Provinsi Gorontalo dua periode. Periode tanggal 10 Desember 2001 hingga 22 Oktober 2009. Pada pilkada Gorontalo 2006 yang dilaksanakan pada 26 November 2006. Yang luar biasanya, pada pemilihan kepala daerah langsung tersebut, Fadel memperoleh 81 persen suara.

Nilai  atau presentasi itu adalah yang tertinggi di Indonesia untuk pilkada sejenis dan tercatat di rekor MURI sebagai rekor pemilihan suara tertinggi di Indonesia untuk pemilihan gubernur. Wao, luar biasa hebat kan?

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Fadel adalah seorang pengusaha tulen. Di mana, Fadel pernah menjabat sebagai Ketua DPD I Golkar di Gorontalo.

Fadel Muhammad terpilih sebagai Ketua Komisi XI DPR-RI periode 2014-2019 yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan. Januari 2016, ia dimutasi menjadi Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI.

Selain pengalaman di eksekutif, Fadel juga punya segudang pengalaman di legislatif seperti Ketua Komisi XI dan Ketua Komisi VII DPR RI.

Di sektor pendidikan formal, Fadel lulusan S1 Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun  1978 hingga menyelesaikan S3 Doktor di  Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di 2007.

Yang luar biasanya, saat Fadel meraih gelar insinyur di ITB, ia pernah mendapatkan tawaran beasiswa untuk belajar di Institut Teknologi California. Atas sejumlah pertimbangan, tawaran tersebut ditolaknya dengan mantap.

Kiprahnya tak hanya sampai di situ, Fadel aktif merintis sejumlah lembaga di sebagai salah satu pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Juga, Fadel juga mantan pemimpin Grup Bukaka yang juga didirikannya. Fadel juga pernah menjadi salah seorang pemegang saham Bank Intan. Bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Dewan Jagung Nasional.

Dari sosoknya yang luar biasa itu, tak salah jika di dunia maya atau netizen sangat mengharapkan sosoknya memimpin DPR agar lebih bersih dan berintegritas.

Di media sosial (Medsos), Fadel kebanjiran dukungan untuk mengambil alih kepemimpinan di DPR RI tersebut. Bagi Netizen, lebih cepat lebih baik agar persoalan kedewanan tak terbengkalai.

Sebut saja netizen bernama Bachtiar Tiat. Bachtiar mendoakan agar kepemimpinan DPR benar-benar berada di pundak mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu.

“Mantappp…maju terus pak Fadel Muhammad !!! Semoga Allah SWT memberikan kemudahan serta Barokah dalam menuju KETUA DPR RI…Aamiinnn…Aamiinnn……..Aamiinnn…Yra,” tulis Bachtiar di akun milik Fadel.

Komentar sama juga disampaikan Afif Fadhilla. Bagi Afif, figur Fadel yang dikenal bersih bisa menggantikan Novanto. “Ganti kan papa segera, kami mendukung bg Fadel Muhammad,” terang Afif.

Bahkan seorang netizen bernama Ibnu Hadjar Yusuf menyebut mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu sosok dinantikan oleh Golkar untuk menghadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

“Figur yg paling dirindukan dan paling dinantikan oleh beringin,” tulis Ibnu.

Berikut komentar netizen terkait munculnya nama Fadel Muhammad menggantikan Novanto:

  1. Muhtadin Wijayawardana Setuju Pak Fadel Muhammad semoga Alloh mudahkan langkah menuju cita cita mulia ini agar citra DPR RI kedepan bisa lebih baik di bawah kepemimpinan Pak Fadel Muhammad,amiiin amiiin amiin.
  2. Sudarman Umar Fadel Muhammad adalah orang yg paling cocok sbg Ketua Umum Golkar, orangnya jujur, integritasnya sdh teruji, senior di Golkar, pernah jadi menteri, pernah jadi gubernur, pekerja keras, tidak pernah terlibat masalah hukum, supel dalam pergaulan, tutur katanya sopan…
    Semoga beliau diberi kesempatan olen Allah SWT..amiin…
  3. Wisnu Kotagede Aku tahu karakter om Fadel Muhammad dr abangku Seno. Ayo om terusin bersihin golkar dr orang” munafiq
  4. Betty Zubaidah Maju Pak, Golkar harus dipimpin org bersih
  5. Khairul Anwar emang layakkkk,…sangat layakkk,…maju bang fadhel ! smoga allah ta’ala memudahkan, amin !
  6. Denny Tadjuddin Inshaa Allah,mdh2an Pak Fadel.
  7. Sudirman Sy akan kembali mendukung Golkar klo pak Fadel Muhammad jadi Ketumnya dan para koruptor tdk lg dijabatan penting DPP Golkar.
  8. Muji Ono Golkar butuh pemimpin yg amanah Bpk. Majulah… selamatkan Golkar P. Fadel Muhammad
  9. Ria Lucey Selamat. Ini baru pemimpin yg bersih. Wish for the best and good luck.
  10. Megawati Suwardi Setuju,dan jgn mngulang yg mmalukan

 

 

Berita Terkait