Ketua DPR: Alhamdulillah, Masyarakat Sudah Mulai Akrab Sampaikan Aspirasi Lewat Aplikasi DPR NOW

Ketua DPR: Alhamdulillah, Masyarakat Sudah Mulai Akrab Sampaikan Aspirasi Lewat Aplikasi DPR NOW

SHARE

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memberikan apresiasi tinggi kepada masyarakat yang telah menyampaikan aspirasinya melalui aplikasi DPR NOW!. Jumlah pengunduh aplikasi DPR NOW! juga terus mengalami kenaikan signifikan.

Belum sampai sebulan sejak diluncurkan pada 29 Agustus 2018, jumlah member aktif sudah menembus lebih dari 5.150 user.

“Alhamdulillah, masyarakat mulai akrab menyampaikan berbagai aspirasi melalui aplikasi DPR NOW!. Capain ini menunjukan respon dan perhatian publik yang sangat besar,” ujar Bamsoet memberikan laporan kinerja aplikasi DPR NOW! di Jakarta, Senin (24/09/18).

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menerangkan, selama sepekan terakhir dari tanggal 14-21 September 2018, jumlah pengaduan yang masuk melalui DPR NOW! mencapai 11 aduan dengan status sudah diterima. Pengaduan tersebut kemudian ditindaklanjuti ke berbagai komisi dan alat kelengkapan dewan yang ada di DPR RI.

Semisal, untuk Komisi III DPR ada aduan mengenai penganiayaan oleh anggota Polri, kasus mafia tanah dan penipuan online. Untuk Komisi IV ada keluhan tentang nasib petani. Di Komisi IX ada laporan mengenai besaran pesangon yang tak sesuai dengan masa kerja. Sedangkan, untuk Komisi XI ada pengaduan tentang penagihan online yang dilakukan oleh beberapa fintech.

“Setiap pengaduan yang masuk akan langsung ditindaklanjuti oleh komisi dan alat kelengkapan dewan sesuai dengan tugas dan bidangnya masing-masing. Karena itu saya meminta masyarakat yang mengirimkan pengaduan disertai dengan identitas yang jelas. Sehingga, jika dibutuhkan informasi lebih lanjut, kami bisa hubungi yang bersangkutan,” kata Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini mengungkapkan, parlemen Thailand memberi apresiasi terhadap aplikasi DPR NOW!. Parlemen Thailand mengakui penerapan teknologi informasi DPR NOW! mampu memudahkan rakyat dalam menyampaikan aspirasi maupun mendapatkan informasi mengenai kinerja dewan.

Baca juga :   Fadli Zon: Kembalikan Hak Warga Kampung Aquarium

“Dalam kunjungannya ke DPR RI pada 14 September 2018, Sekretaris Jenderal Parlemen Thailand Mr. Sorasak Pienvej dan jajarannya sangat tertarik dengan aplikasi DPR NOW!. Mereka memberikan pujian dan menjadikan DPR NOW! sebagai catatan kunjungan,” jelas Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini yakin kedepannya aplikasi DPR NOW! bukan hanya akan menjadi kebanggaan DPR RI saja, tetapi juga akan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Di masa mendatang, berpolitik tak lagi akan kaku, namun akan lebih interaktif dan menyenangkan.

“DPR RI sudah memelopori penggunaan teknologi informasi dalam sistem politik. Saya yakin dengan aplikasi DPR NOW! maupun berbagai inovasi lainnya yang nanti akan kita kembangkan, rakyat tak hanya akan dekat dengan wakilnya, namun juga bisa menikmati politik dengan menyenangkan,” pungkas Bamsoet. (MM)

 

 

Facebook Comments