KIB Jalan Terus, Kisruh Kepengurusan PPP Tidak Berpengaruh

 KIB Jalan Terus, Kisruh Kepengurusan PPP Tidak Berpengaruh

JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan kisruh internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak mengganggu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Meski, terang dia, kisruh tersebut berujung pada pergantian Ketua Umum dan kepengurusan baru.

“Karena Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) merupakan koalisi antarpartai bukan berdasarkan kepengurusan,” kata Airlangga kepada wartawan, Rabu (14/9/2022).

Oleh karenanya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menyatakan, permasalahan kepengurusan PPP merupakan masalah internal di partai berlambang ka’bah tersebut. Terbukti, meski terjadi kisruh kepengurusan, hubungan antarpartai di KIB masih terjalin dengan baik.

“Itu kan urusan dalam negerinya PPP. Hubungan semua baik. Tidak ada yang masalah,” tukasnya.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) telah mengesahkan perubahan struktural DPP PPP yang memasukkan Mardiono sebagai Plt Ketua Umum.

Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Menkumham bernomor M.HH-26.AH.11.02 Tahun 2022 tentang Pengesahan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan Masa Bakti 2020-2025.

Menkumham Yasonna Laoly mengungkapkan permohonan perubahan ketua umum oleh kubu Mardiono sudah sesuai dengan Pasal 23 UU Nomor 2 Tahun 2008 Tahun 2011 tentang Partai Politik dan ketentuan pasal 21-26 Peraturan Menkumham Nomor 34 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pendaftaran Pendirian Badan Hukum, Perubahan AD dan ART serta Perubahan Kepengurusan Partai Politik.

Suharso Monoarfa diberhentikan sebagai Ketua Umum PPP dalam Mukernas yang digelar di Banten beberapa waktu lalu. Survei partai yang tidak naik hingga pernyataan amplop kiai yang viral menjadi sejumlah alasan pemberhentian Suharso sebagai pimpinan PPP.

Presiden Jokowi sendiri menegaskan tidak mau ikut campur terkait masalah tersebut yang melibatkan 2 orang yang berada di lingkarannya, yaitu Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa dan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Muhammad Mardiono.

“Ya itu masalah internal di PP. Saya tidak tahu. Itu selesai terlebih dahulu, baru kita bicara mengenai masalah Wantimpres,” kata Jokowi seusai melantik Azwar Anas sebagai Menteri PAN dan RB di Istana Negara, Rabu (7/9/2022).

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.