KKB Papua Serang Warga Sipil 9 Tewas, 10 Kena Luka Tembak

 KKB Papua Serang Warga Sipil 9 Tewas, 10 Kena Luka Tembak

PAPUA – Lagi! Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang bisa disebut kelompok teroris dilaporkan telah menembak warga sipil Papua. Ada 9 warga sipil yang meninggal dunia dan 10 warga lainnya kena luka tembak di Nogolaid, Kabupaten Nduga, Papua.

“Iya benar. Memang ada sebuah penyerangan pada warga sipil yang membuat 10 orang terluka tembak dan 9  orang disebut meninggal dari insiden itu,” ujar Direktur Reskrimum Polda Papua Kombes Polisi Faizal Rahmadani seperti keterangan pada wartawan di Jayapura, Papua, Sabtu (16/7/2022).

Hingga kini, Faizal mengakui pihaknya belum memperoleh laporan kronologi lengkap soal kejadian tersebut. Alasannya, para aparat keamanan lebih fokus mengutamakan melakukan evakuasi pada korban.

“Kita belum mendapatkan kronologisnya. Di mana saat ini para anggota lagi melakukan penyelidikan untuk memastikan apa ada dari korban dari insiden itu,” info Faizal.

Faizal mengungkapkan, pelaku penyerangan yang bisa disebut kelompok teoris menewaskan masyarakat yang tak berdosa itu adalah KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Sekarang tim kami, atau tim Satgas Damai Cartenz telah berada di TKP (tempat kejadian perkara) bersama-sama anggota Polres Nduga beserta anggota TNI lainnya,” terangnya.

Adapun nama-nama yang disebut korban meninggal yakni Pdt Elias Serbaye (54), Alex (26) Yulius Watu, (23), Taufan Amir (42), Habertus Goti (41), Has Jon (41), Daenk Maramli (41), Johan (26), Yuda Hurusinga, dan Sirajudi (27).

Sementara ada korban yang dilaporkan dengan kondisi sangat kritis yakni Sudirman. Sesuai informasi dari Faizal, semua korban telah dilakukan proses evakuasi ke Puskesmas Kenyam, Papua.

Laporan: Sidik

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait