Komisi VIII DPR Kunjungi Asrama Haji Indramayu, Achmad: Prosesnya Tidak Susah…

 Komisi VIII DPR Kunjungi Asrama Haji Indramayu, Achmad: Prosesnya Tidak Susah…

Achmad bersama rombongan Komisi VIII DPR RI ke Asrama Haji Indramayu (foto: pribadi)

JAKARTA – Komisi VIII DPR RI mencermati terkait terbatasnya ketersediaan air di Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat. Hal itu usai rombongan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR ke Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (12/12/2022) kemarin.

Atas dasar itu, Anggota Komisi VIII DPR RI DR Achmad, MSi menyarankan dibuatnya embung untuk sistem perairan di Asrama Haji Indramayu. Achmad mengingat permasalahan air menjadi masalah utama yang belum terselesaikan, padahal Asrama Haji tersebut ditargetkan beroperasi di tahun 2023.

“Prosesnya tidak susah, kita cukup menampung air hujan yang melimpah ini, sehingga suatu saat pada musim haji atau kegiatan-kegiatan di sini, embung itu bisa dipergunakan sebagai cadangan, jika nantinya PDAM digunakan di sini,” ujar Achmad seperti keterangan tertulisnya diterima Lintas Parlemen, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Selain itu, Anggota Fraksi Demokrat dari Dapil I Riau ini juga mendorong agar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat untuk meningkatkan pengawasan dalam proses pembangunan fisik Asrama Haji Indramayu ini.

“Kami tengok tadi ada yang retak-retak, ada yang sudah bocor. Nah ini kan sebaiknya waktu pelaksanaan juga diawasi, bukan kalau sudah selesai saja, Pak. Sehingga kami harapkan nanti, setelah selesai pembangunan fisik nanti tidak ada permasalahan hukum,” imbuh Achmad.

Untuk meningkatkan pengawasan tersebut, Achmad menyarankan pemasangan CCTV di area Asrama Haji Indramayu tersebut. Menurutnya, selain untuk mengurangi jumlah personil dalam rangka pengawasan dan keamanan, penggunaan CCTV juga menjadi titik awal keberadaan sistem digital (digitalisasi) di tempat tersebut.

Secara keseluruhan, Achmad mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu atas komitmennya membangun Asrama Haji tersebut, termasuk dengan menghibahkan tanahnya. Achmad berharap pembangunan Asrama Haji Indramayu tersebut segera selesai sehingga dapat segera dioperasionalkan.

Digiqole ad

Berita Terkait