Komisi VIII DPR Sambut Positif Gebrakan Mensos Idrus Marham

Komisi VIII DPR Sambut Positif Gebrakan Mensos Idrus Marham

SHARE
Anggota Komisi VIII DPR RI Deding Ishak

JAKARTA – Komisi VIII DPR RI menyambut baik gebrakan Menteri Sosial Idrus Marham yang telah meresmikan Layanan Pengaduan Masyarakat Program Keluarga Harapan (PKH) Contact Center Kementerian Sosial.

Menurut Anggota Komisi VIII DPR RI Deding Ishak gebrakan Idrus itu akan memudahkan Kemensos untuk memantau program PKH agar benar-benar efektif dalam menekan angka kemiskinan.

“Kami tentu menyambut positif langkah Mensos Pak Idrus Marham ini, karena ini penting dalam rangka memonitor implementasi program PKH. Gebrakan ini juga menunjukkan bahwa meskipun baru dilantik tetapi Pak Idrus ini bisa langsung tune in dengan tugas-tugas di Kementerian Sosial,” kata Deding dalam siaran pers di Jakarta, Ahad (21/1/2018).

Deding menilai, selama ini kebijakan PKH cenderung bersifat top down dalam arti program ini digulirkan berdasarkan asumsi-asumsi yang dimiliki oleh Kementerian Sosial. Padahal jika program ini juga dibarengi dengan kebijakan bottom up dalam arti menampung keluhan dari masyarakat, dia yakin program PKH ini akan semakin efektif dalam mengurangi angka kemiskinan.

Oleh sebab itu, Deding menilai penting Layanan Pengaduan Masyarakat untuk Program PKH karena akan membantu Kemensos dalam mengefektifkan program PKH.

“Dan dengan adanya masukan dari masyarakat tentu Kemensos akan lebih mudah dalam memantau dan memastikan agar program ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” terang Deding.

Selain itu, Deding mengingatkan bahwa pembenahan untuk program lainnya di Kemensos akan menjadi pekerjaan rumah Mensos Idrus Marham, seperti mengefektifkan program Kelompok Usaha Bersam (Kube), program RTLH (rumah tidak layak huni), program keserasian sosial, penanganan anak jalanan, rehabilitasi sosial korban narkoba sampai pelayanan lansia.

“Yang jelas Kemensos membutuhkan terobosan-terobosan baru dari Pak Idrus Marham,” demikian Deding Ishak yang juga Ketua Umum DPP Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) ini.

Baca juga :   PKS Dukung UU Anti LGBT

Sebelumnya Mensos Idrus Marham meresmikan Layanan Pengaduan Masyarakat Program Keluarga Harapan (PKH) Contact Center Kementerian Sosial dalam rangka mempercepat respon atas keluhan masyarakat. Untuk tahun 2018 ini, bantuan sosial PKH nontunai disalurkan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Semuanya menjangkau 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. (Syamsuddin)

Facebook Comments