Komisi X DPR RI Setujui Naturalisasi Dua Pemain Keturunan Indonesia; Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes

 Komisi X DPR RI Setujui Naturalisasi Dua Pemain Keturunan Indonesia; Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes

JAKARTA – Komisi X DPR RI secara resmi menyetujui proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, yakni Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes. Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menegaskan bahwa disetujuinya naturalisasi keduanya guna membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbolaan nasional.

“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Sdr Jay Noah Idzes dan Sdr Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On, dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Hetifah saat membacakan hasil rapat Komisi X DPR bersama PSSI dan Kemenpora, di Gedung Nusantara I, Senin (4/12/2023).

Diketahui, Nathan Tjoe-A-On saat ini bermain bersama tim Divisi 2 Liga Inggris, Swansea City. Sebelumnya, ia sudah rutin berkompetisi di Eredivisie bersama Excelsior Rotterdam.
Sementara itu, Jay Idzes berkostum tim Divisi 2 Liga Italia, Venezia. Jay sebelumnya sempat diragukan karena mengidap penyakit, namun saat ini kondisinya sudah membaik.

“Komisi X DPR RI mendorong pemerintah dan PSSI agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI pada Rapat Kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbolaan nasional,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menpora Dito Ariotedjo membeberkan alasan kedua pemain tersebut akan dinaturalisasi. Dito menjelaskan bahwa Nathan dan Jay dibutuhkan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Hal serupa juga dijelaskan oleh PSSI yang menilai bahwa Nathan dan Jay bisa meningkatkan kualitas Timnas Indonesia dengan pengalamannya di Eropa. Nathan dan Jay juga masih berusia muda, yakni Nathan 21 tahun dan Jay 23 tahun.

Berita Terkait