KPK Ungkap Cara Tangkap Harun Masiku di Luar Negeri

 KPK Ungkap Cara Tangkap Harun Masiku di Luar Negeri

JAKARTA – Pasca KPK bisa mendeteksi keberadaan tersangka kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI, Harun Masiku, berada di luar negeri.

Kini KPK yakin bisa menangkap Harun Masiku dalam waktu dekat ini. Bahkan pihak KPk mengaku telah mengantongi strategi untuk menangkap Harun Masiku.

“Pasti strategi yang kami miliki ada bagaimana caranya mengejar para DPO KPK yang jumlahnya lima,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/1/2023).

Meski demikian Ali enggan mengungkapkan ke publik terkait strategi yang dimilikinya tersebut. Pasalnya, keberadaan Harun dan para buron lain bersifat dinamis alias sering berpindah-pindah.

“Strateginya mencarinya seperti apa di lapangan, ada di mana tentu tidak bisa kita sampaikan karena ini sesuatu yang dinamis tidak statis seperti kita mencari alamat. Karena kalau dinamis, orang, ini kan terus bergerak. Oleh karena itu, tentu strateginya tidak bisa kami siapkan,” ucap Ali.

Ali berjanji KPK akan menuntaskan semua kasus yang ditangani. KPK juga berjanji menangkap lima orang tersangka yang kini berstatus buron.

“Kalau bicara KPK tentu tidak fokus kepada Harun Masiku, ada lima DPO KPK yang menjadi kewajiban yang semuanya harus kami kejar dan dilakukan untuk upaya-upaya menangkapnya untuk dibawa ke proses persidangan. Kelima-limanya kami cari,” jelas Ali.

Sebelumnya, KPK menyebut tersangka kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI, Harun Masiku berada di luar negeri. KPK kini masih berkoordinasi dengan agensi luar negeri.

“Ada di luar negeri. Jadi, kami masih koordinasi dengan beberapa agensi dari luar negeri,” kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, dilansir Antara, Kamis malam (5/1).

 

Digiqole ad

Berita Terkait