Kunker ke Jambi, DPR Minta Pemerintah Tanggapi Nasib Petani

 Kunker ke Jambi, DPR Minta Pemerintah Tanggapi Nasib Petani

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB, Ibnu Multazam

JAKARTA, LintasParlemen.com – Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Jambi selama 3 hari untuk meninjau sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan hingga di sektor kelautan, Sabtu (19-22/03) kemarin.

Pada kunjungan itu, Gubernur Provinsi Jambi Zumi Zola memohon dukungan kepada DPR khususnya Komisi IV agar seluruh kebijakan yang ada di Jambi pro terhadap kepentingan rakyat.

“Kan saya sudah sampaikan beberapa kali bahwa pemerintah pusat harus tanggap ketika harga pokok turun di bawah HPP (harga pokok penjualan) dan harga petani kita ini murah. Maka pemerintah harus tanggap, khusunya Kementerian Perdagangan untuk mengatasi semua persoalan ini,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Ibnu Multazam usai pertemuan dengan Gubernur Jambi, Zumi Zola itu.

“Jika hasil pertanian harganya murah maka Kementerian Perdagangan ini segera merespon. Sebagai contoh, bila harga jatuh, harga daging unggas jatuh, ini (Kementerian Perdagangan) segera memberi respon. Jangan hanya merespon itu kalau harga naik saja. Jangan diam saja,” sambung Multazam.

Multazam meyayangkan sikap pemerintah pusat dan daerah yang tidak memiliki rencana terintegrasi terhadap harga hasil pertanian hingga kelautan masyarakat. Khususnya saat hasil pertanian mengalami kenaikan dan pertanian.

“Kalau harganya naik kok cepat sekali mereka meresponnya. Semua orang berteriak harga naik, harga naik. Tapi saat harga turun tidak ada yang berteriak, ini harga turun. Makanya Komisi IV berteriak meminta kepada Kementerian Perdagangan untuk membuat sistem bagaimana kalau harga di dalam negeri itu turun. Ini penting soalnya, soal kelangsungan produk pangan kita di Indonesia,” jelas politisi PKB ini.

Menurutnya, dalam kunjungannya kali ini Komisi IV DPR melihat Provinsi Jambi memiliki potensi besar dalam sektor pertanian hingga kelautan. Namun masih ditemukan beberapa kendala, salah satunya terkait masalah pemasaran ketika turunnya HPP.

Sementara Gubernur Jambi yang hadir pada kesempatan tersebut berjanji akan mengembangkan potensi itu. Ia juga menyebutkan bahwa salah satu program kerja prioritas di masa kepemimpinannya untuk meningkatkan hasil pangan dari pertanian, peternakan dan perikanan.

“Sudah saya sampaikan dengan para rombongan DPR bagaimana program-program kami ini bisa didukung agar dapat menjalankan atas arahan pak Presiden. Di mana kedaulatan pakan dan swasembada pangan di Jambi ini terwujud sesuai keinginan kami di sini,” ujar Zumi Zola. (Kristio)

Digiqole ad

Berita Terkait