Marak isu Komunis, Warga di Lingkungan Ini Bentuk Posko ‘Saung Menara’

 Marak isu Komunis, Warga di Lingkungan Ini  Bentuk Posko ‘Saung Menara’

Jakarta, LintasParlemen.com-Ramainya perbincangan publik terkait adanya kebangkitan  gerakan komunis di negeri ini , harus disikapi secara serius oleh aparatur pemerintah dan segenap lapisan masyarakat.

Walaupun banyak pihak  yang mengatakan bahwa pemberitaan komunis hanyalah sebuah agenda pengalihan issue yang dilakukan secara sistemik dan terorganisir.tapi apapun alasannya, kewaspadaan terhadap bahaya laten komunis harus tetap disikapi secara serius.

Apalagi di wilayah jakarta timur beberapa  hari yang lalu telah beredar buku palu arit yang bisa disimpulkan bahwa upaya penyebaran ajaran komunis telah terjadi di tengah-tengah lingkungan masyarakat.

Menyikapi hal tersebut pada  Sabtu, (14/5/2016) kemarin, Warga masyarakat  di lingkungan  Kelurahan Kalisari Rt 0011/01 Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur berinisiatif melakukan upaya  pencegahan dan kewaspadaan dini dengan meresmikan sebuah posko yang diberi nama “Saung Menara”.

“Sebuah posko di lingkungan masyarakat yang memiliki multi fungsi sebagai posko keamanan dan ketertiban lingkungan termasuk posko gerakan anti komunis,  anti narkoba , anti kriminalitas dan juga sebagai posko pelatihan peningkatan kreatifitas kewirausahaan warga,” ujar Anjas Musa Tuan selaku ketua Rt011/01 Kelurahan Kalisari.

“Agenda kepedulian pada lingkungan menjadi sesuatu yang harus diciptakan pada segenap lapisan warga masyarakat sehingga segala bentuk perilaku negatif yang tidak sesuai dengan peraturan perundangan-undangannya yang berlaku dapat diminimalisir ujar H.Buchori, SH selaku Ketua Rw 001 yang juga hadir dalam acara tersebut.

Dengan adanya upaya pencegahan dan kewaspadaan dini yang dilakukan oleh segenap lapisan masyarakat secara tidak langsung mempersempit ruang gerak perilaku menyimpang. Yang tentunya hal ini menjadi sebuah kewajiban yang harus diciptakan dari lingkungan terkecil masyarakat yaitu di lingkungan RT.

“Apa yang dilakukan warga Rt011/001 Kelurahan Kalisari harus menjadi trigger bagi warga  masyarakat lainnya, menyikapi  kasus maraknya ajaran komunis segenap warga masyarakat harus berikrar ” komunis datang masyarakat siap menghadang”,”
ujar Anjas musa, tuan diakhir sambutan di hadapan warganya.

[Adi Solihin]

Digiqole ad

Berita Terkait