Menko Airlangga: UMKM Punya Peranan Penting dalam Pemulihan Ekonomi

 Menko Airlangga: UMKM Punya Peranan Penting dalam Pemulihan Ekonomi

JAKARTA – Pemerintah menegaskan, bahwa usaha mikro, kecil, dan menengah atau biasa disingkat dengan UMKM mempunyai peran penting dalam pemulihan ekonomi.

Untuk itu, agar semua bisa maksimal maka diperlukan pola koordinasi dan integrasi oleh semua pihak. Hal itu dilakukan guna mendukung kebijakan yang telah ditetapkan Pemerintah.

“Jadi UMKM bisa naik kelas,” kata Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Lebih jauh, Ketua Umum Partai Golkar ini mengungkapkan, bahwa kunci keberhasilan dalam kembangkan UMKM yakni dengan menciptakan ekosistem kelembagaan.

Dimana, peran penting UMKM tersebut dibuktikan dengan kontribusinya terhadap PDB yang mencapai 60,5 persen serta serapan tenaga kerja mencapai 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

“UMKM juga terbukti resilien di tengah pandemi terlihat dari peningkatan indeks bisnis UMKM sejak kuartal III-2021 hingga kuartal II-2022,” ujarnya.

“UMKM dan koperasi melalui strategi transformasi usaha informal menjadi formal, transformasi digital, transformasi ke dalam rantai nilai, dan modernisasi koperasi,” imbuhnya.

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait