Menteri Anies : Ketimpangan Mutu Pendidikan Masih Jadi ‘PR’ Kita

 Menteri Anies : Ketimpangan Mutu Pendidikan Masih Jadi ‘PR’ Kita

Anies Baswedan

Jakarta, LintasParlemen.com–Pekerjaan rumah utama dalam rangka hari pendidikan nasional (Hardiknas). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan perbaikan ketimpangan mutu pendidikan menjadi Peningkatan mutu guru dan infrastruktur pendidikan juga masih menjadi agenda utama pemerintah.

“Pekerjaan rumah yang paling mendasar adalah mengatasi ketimpangan mutu pendidikan. Kedua, meningkatkan mutu para guru,” ujar Anies kepada wartawan usai peringatan Hardiknas di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Selain keduanya, Anies pun menyebut perbaikan infrastruktur tetap akan dilakukan pemerintah. Dari segi dukungan pendidikan, pihaknya juga mengajak orangtua menjadi pendidik di lingkungan keluarga.

Anies juga mengingatkan arti penting pendidikan sebagai kunci perubahan bangsa. Menurutnya, pendidikan yang membentuk wawasan dan keterampilan manusia merupakan kunci keberhasilan suatu bangsa.

Karenanya, Anies mengingatkan agar para guru dan kepala sekolah selalu menciptakan suasana nyaman di sekolah. Beberapa cara yang bisa dilakukan yakni menghapuskan aturan yang tidak perlu dan membuat suasana belajar yang kreatif.

“Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara, menyebut sekolah dengan istilah ‘taman’ , berarti tempat yang menyenangkan. Jangan sampai siswa-siswa kita merasa sedih ketika berangkat ke sekolah tetapi bahagia saat pulang sekolah,” tambah Anies.

[Republika]

Digiqole ad

Berita Terkait