Mohamad Sanusi: Anak Muda Harus Bangga Budaya Sendiri!

 Mohamad Sanusi: Anak Muda Harus Bangga Budaya Sendiri!

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Mohamad Sanusi

JAKARTA, Lintasparlemen.Com – Tokoh Muda DKI Jakarta Ir. H. Mohamad Sanusi yang baru saja didaulat menjadi Penasehat Komunitas Reog Ponorogo (KRP) mengatakan, kesenian budaya Indonesia perlu dilestarikan.

Sanusi menilai bahwa Kesenian Reog Ponorogo merupakan kesenian khas tradisional ponorogo yang sangat kaya akan nilai-nilai seni budaya. Jika tak dijaga, pada akhirnya akan luntur dipercaturan pasar seni budaya global.

“Jika tidak ada upaya untuk menjaga atau melestarikan budaya local masing-masing, maka akan hilang. Sehingga diperlukan peran serta pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, dalam upaya melestarikan kesenian tersebut. Karena itu, saya memberikan apresiasi kepada pecinta seni dan budaya,” jelas Sanusi seperti rilis yang disampaikan, Jakarta, Senin (14/03).

Menurut Sanusi, saat ini generasi muda Indonesia lebih menyukai budaya asing ketimbang budayanya sendiri. Alasan itu menjadikan budaya lokal Indonesia akan punah dengan sendirinya jika tak dijaga.

“Anak mudah sekarang lebih suka budaya asing ketimbang budaya kita sendiri. Ini akan punah oleh zamannya sendiri. Karena itu, harus ada upaya pelestarian nilai-nilai seni budaya agar bisa dinikmati oleh generasi penerus dan merupakan suatu simbol dari sebuah wilayah yang akan menjadi kebanggan kita,” terang Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta ini.

“Kesenian Reog semestinya banyak diberi ruang untuk tampil di tengah masyarakat sebagai upaya memperkenalkan Kesenian Reog pada ruang public. Terutama kepada para generasi muda sebagai pewaris masa depan. Dengan harapan dapat tumbuh jiwa seni para generasi muda yang dapat mencintai dan turut melestarikan seni budaya bangsa Indonesia,” harap kader Partai Gerindra ini.

Sanusi juga mengemukan, bangsa Indonesia sebagai negara yang beraneka ragam suku budaya Bhineka Thunggal Ika, memiliki ciri khas budaya sebagai aset yang besar. Sehingga harus ada sebuah program nyata pemerintah untuk genera muda sebagai upaya menjaga dan melestarikan seni budaya bangsa.

Selain itu, Sanusi berpesan pada generasi muda agar berkomitmen menjaga dan melestarikan peninggalan budaya bangsa Indonesia.

“Jangan malu belajar budaya sendiri dan mempromosikan ke dunia internasional agar negara tetangga dan negara sahabat lainnya tahu bahwa inilah seni budaya yang dimiliki oleh bangsa kita, Indonesia,” pungkasnya. (Adi Solihin)

 

Digiqole ad

Berita Terkait