Muhammad: Profesor kok Belajar Lagi?

 Muhammad: Profesor kok Belajar Lagi?

JAKARTA – Kali ini kita ingin sedikit membahas terkait seorang profesor yang masih konsisten belajar lagi. Ia adalah Prof DR Muhammad MAg. Ia terus belajar untuk tumbuh.

Padahal, banyak orang yang mengira bahwa Professor itu adalah sosok yang telah mengetahui banyak hal sehingga tidak perlu belajar lagi. Anggapan seperti itu mungkin tidak salah alias benar,  namun demikian perlu diluruskan bahwa profesor itu adalah seorang terdidik yang memiliki tugas utama menyebarkan ilmu pengetahuan melalui pendidikan dan pengajara, disseminasi ilmu pengetahuan melalui karya-karya ilmiah dan forum-forum baik nasional maupun internasional.

Dengan tugas-tugas yang tidak ringan seperti itu, maka professor harus terus menerus belajar (continuously learning) agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan professional. Menjadi salah ketika seorang sudah Professor berhenti belajar.

Hal ini tidak saja bertentangan dengan kehadiran mereka sebagai obor yang menerangi dan mencerahkan serta memotivasi orang lain agar mereka tidak mandek belajar dengan cara menunjukkan aksi afirmatif Professor harus terus belajar.

Jika Professor saja demikian, bagaimana lagi jika belum Professor, justeru harus belajar lebih tekun lagi. Pada prinsipnya posisi dan capaian tertinggi yang kita capai dalam hidup ini tidak lepas dari berkah belajar. Karena itu, kita tidak boleh berhenti belajar. Bahkan belajar sepanjang hayat  itu mutlak (long life learning).

Profesor memiliki keterbatasan termasuk keterbatasan pengetahuan dalam konteks yang lebih luas sebagaimana anggapan masyarakat pada kebanyakan.  Ibarat seorang belajar menulis karya Ilmiah atau penelitian, dia harus merumsukan fokus penelitian.

Digiqole ad

Berita Terkait