MUI Luncurkan Penerapan ISO 9001:2015 sebagai Komitmen untuk Berkembang di Zaman Now

MUI Luncurkan Penerapan ISO 9001:2015 sebagai Komitmen untuk Berkembang di Zaman Now

SHARE
Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin dan Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi saat memberikan sambutan di Gedung MUI Pusat, Jakarta, Selasa (10/10/2018).

JAKARTA — Majelis Ulama Indonesia (MUI) meluncurkan penerapan ISO 9001:2015 sebagai bentuk komitmen MUI untuk terus berkembang menjadi lebih baik seiring perkembangan zaman.

“Apa yang dilakukan MUI adalah bagian dari ikhtiar MUI untuk memperbaiki kinerja dari waktu ke waktu,” kata Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan di Gedung MUI Pusat, Jakarta, Selasa (10/10/2018).

Sebagai organisasi yang di dalamnya terdapat sekitar 60 ormas Islam, Kiai Ma’ruf berharap apa yang dilakukan MUI bisa dicontoh ormas-ormas di dalamnya. Sehingga ormas-ormas Islam yang ada di Indonesia bisa semakin baik di masa mendatang.

“Langkah yang dilakukan oleh MUI akan diikuti juga oleh ormas-ormas lain, oleh juga tentu lemabaga keislaman yang lain, ” tambah Kiai Ma’ruf.

Sementara itu Zainut Tauhid Sa’adi Wakil Ketua Umum MUI mengatakan secara ukuran MUI belum mampu untuk sampai ISO 9001:2015. Namun karena tekad yang kuat dan dorongan dari banyak pihak, satu tahun berjuang, akhirnya MUI bisa menerima sertifikat ISO 9001:2015 pada hari ini, dan menandakan bahwa MUI sudah bekerja sesuai standar ISO 9001:2015 dalam melayani masyarakat secara amanah, profesional, transparan dan akuntabel.

Buya Anwar Abbas Sekretaris Jenderal MUI mengungkapkan semenjak ISO diterapkan merasakan hal yang semakin hari semakin baik dalam tubuh internal Majelis Ulama Indonesia secara kasat mata. Penyelesaian masalahpun menjadi lebih mudah karena sudah ada satu rujukan tetap dan diterima oleh semua komponen MUI.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Prof Bambang Sudibyo memuji langkah yang diambil MUI. Menurutnya, langkah MUI untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 ini jauh lebih sulit daripada ISO lama yakni ISO 9001:2008.

Baca juga :   DPR Janji akan Kawal Rekrutmen 10 Ribu CPNS di Kementerian Pertanian!

“MUI tidak lama lagi akan memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 yang jauh lebih sulit dibandingkan ISO yang lama, ” puji Bambang.

Sementara itu, Rofiqul Umam Ahmad Wasekjen yang mengurus program ini sejak awal menjabarkan asal mula program ini dilaksanakan.

“Gagasan ini bermula dari pembicaraan ketua Baznas pak Bambang dan Sekjen MUI Anwar Abbas untuk meningkatkan kualitas lembaga organisasi Islam, ” katanya.

Rofiq berharap, adanya ISO 9001: 2015 mampu membuat MUI menjadi organisasi yang modern, transparan, dan semakin reponsif.

“Melalui ISO, MUI akan menjadi organisasi yang modern, transparan, dan responsif sehingga terwujud adanya good governance,” ujarnya. (Zai)

 

Facebook Comments
Iklan: