Mukhtarudin: Kerjasama Pemerintah Daerah untuk Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

JAKARTA – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dari Mukhtarudin menilai  kerjasama di pemerintah daerah (Pemda) sangat diperlukan untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca Pandemi Covid-19.

Mukhtarudin menyampaikan itu untuk menanggapi ungkapan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang berharap koordinasi di daerah harus lebih kuat dan responsif secara cepat demi menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional tetap terjaga.

“Sinerji atau kerja sama antarpemerintah daerah (Pemda) sangat diharapkan agar pemulihan ekonomi nasional terwujud segera,” kata Mukhtarudin pada Lintas Parlemen, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Alasan itu, Mukhtarudin mengusulkan, pihak pemerintah pusat perlu mengambil langkah strategis untuk memulihkan ekonomi lebih menyeluruh atau holistik supaya kebijakan itu dapat bisa dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah di daerah.

“Pemda itu memiliki peran strategis untuk mendorong efektifitas proses pemulihan ekonomi nasional secara cepat. Dan Pemda di daerah paham betul bagaimana struktur ekonomi di daerah dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat saat ini,” ujar politisi asal Dapil Kalimantan Tengah ini.

Sebelumnya, Airlangga sempat menjelaskan ke publik bahwa koordinasi kuat sangat diperlukan dari daerah demi menjawab berbagai tantangan kebangkitan ekonomi nasional.

“Sehingga kita memerlukan respons yang sangat cepat dari berbagai pihak untuk mempertahankan momentum yang baik ini untuk memulihkan ekonomi nasional kita,” terang Airlangga seperti keterangan tertulisnya diterima Lintas Parlemen, Jakarta, Senin, (20/6/2022).

Laporan: Aidil Muhammad

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait