Muslim Puji Kinerja Zulkifli Hasan Atasi Harga Kebutuhan Pokok di Masyarakat

 Muslim Puji Kinerja Zulkifli Hasan Atasi Harga Kebutuhan Pokok di Masyarakat

JAKARTA – Anggota Komisi VI DPR RI Muslim mengapresiasi langkah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) mengawasi harga kebutuhan pokok di masyarakat dengan cara sidak ke pasar-pasar tradisional. Langkah itu dilakukan oleh Zulhas untuk melihat perkembangan harga kebutuhan pokok langsung harga di pasar.

Menurut Muslim. langkah tersebut dinilai cukup baik, meski ada beberapa hal yang masih perlu dilakukan Kementerian Perdagangan dalam proses menjaga harga kebutuhan pokok di dalm negeri.

“Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pak Menteri ketika harga-harga barang kebutuhan pokoknya naik adalah sidak pada pasar-pasar tradisional,” kata Muslim pada Raker dengan Mendag Zulkifli Hasan, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (27/11/2023) seperti dikutip situs DPR RI.

Pada rapat tersebut, Muslim memaparkan kondisi Indonesia akhir-akhir ini sedang dihadapkan pada berbagai persoalan seputar kebutuhan pokok masyarakat. Dari mulai kelangkaan, kenaikan harga, minyak goreng, cabai, gula, daging sapi, hingga kacang kedelai yang membuat pengusaha tahu dan tempe berhenti berproduksi.

Salah satu hal yang dilakukan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk mengendalikan harga di pasaran adalah melakukan sidak langsung ke pasar tradisional.

“Saya melihat langsung cukup bagus, tapi kadang-kadang setelah Pak Menteri sidak ini tiba-tiba barangnya ini hilang lagi Pak Menteri. Ini real, kenyataan,” ungkap Muslaim.

Untuk itu, ia pun berharap Kementerian Perdagangan dapat melakukan langkah-langkah konkret dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di dalam negeri. Salah satunya adalah dengan memperkuat koordinasi dengan Bapanas (Badan Pangan Nasional) dan kementerian/lembaga terkait lainnya.

“Saya pikir ini bukan hal yang baru. Kita harapkan ada langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh pihak Pemerintah. Yang kedua, tentu untuk menyikapi itu semua tentu kita harapkan ada satu skema koordinasi Pak Menteri yaitu berkaitan juga konsolidasi dengan lembaga khususnya lembaga atau badan terkait ya terutama di Badan Pangan Nasional,” tutupnya.

Berita Terkait