Olahraga Berkuda: Ingatkan Perjuangan Rasulullah SAW Betapa Sulitnya Sebar Dakwah Islam

 Olahraga Berkuda: Ingatkan Perjuangan Rasulullah SAW Betapa Sulitnya Sebar Dakwah Islam

JAKARTA – Anggota Komisi X DPR RI yang juga Pendiri Yayasan Darul Hikam Bandung Sodik Mudjahid menyempatkan menunggangi kuda saat mengikuti acara Mahakam Darul Hikam, Bandung, Jawa Barat. Sodik menikmati olahraga kesukaan Rasulullah SAW tersebut.

“Alhamdulillah waktu di acara Mahakam Darul Hikam beberapa waktu lalu saya berkesempatan naik kuda pada sesi acara simulasi hijrah,” kata Sodik seperti dikutip di Instagram pribadinya, Jumat (23/9/2022).

Saat Sodik menunggangi kuda berwarna putih nan besar itu, ia mengingat betapa sulit perjuangan Rasulullah SAW menyampaikan ajaran Islam di seluruh dunia. Kini ajaran Islam dinikmati oleh dua miliar orang yang tersebar di 200-an negara di dunia, atau Islam dianut setara dengan 25 persen dari populasi penduduk dunia.

“Kuda yang gagah dan tinggi besar. Mengingatkan perjuangan rasul jaman dulu, betapa sulitnya perjuangan beliau demi menyebarkan agama Allah,” ujar Sodik.

Alumni HMI dan PII yang sempat mengajar ini meyampaikan hadits Rasululloh terkait olahraga memanah. “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (H.R. Sahih Bukhari dan Muslim).”

“Dalam salah satu hadis riwayat Imam Bukhari RA, Nabi Muhammad Salallahu Allaihi Wassalam menganjurkan para sahabatnya termasuk seluruh umat Islam yang mengikuti sunnahnya, agar mampu menguasai bidang-bidang olah raga, terutama berkuda, berenang, dan memanah,” kutip Sodik.

Seperti dilansir firdausracikaniman.sch.id berkuda selain meneruskan sunnah Nabi juga meraih pahala. Di mana berkuda  bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, Menstimulasi integrasi sensor, meningkatkan akselarasi refleksi tubuh, melatih daya penglihatan dan meningkatkan kedispilinan, rasa sabar serta tanggung jawab.

“Olahraga yang dianjurkan Nabi ini mengandung aspek kesehatan, keterampilan, kecermatan, sportivitas, dan kompetisi. Olahraga ini memerlukan kekuatan fisik dan intelektualitas yang tinggi,” jelas Sodik.

Politisi asal Fraksi Partai Gerindra Dapil Jawa Barat I ini meminta pada umat Islam untuk menjaga kesehatannya, khususnya di hari Jumat dengan berolahraga ringan.

“Ayo jaga selalu kesehatan dan kebugaran tubuh, Jumat Berkah…,” tutup Sodik.

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.