Parlemen Indonesia Optimis Sistem Ekonomi Politik Asia Akan Sejajar dengan Eropa

Parlemen Indonesia Optimis Sistem Ekonomi Politik Asia Akan Sejajar dengan Eropa

SHARE

ISTANBUL – Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana sangat optimis sistem ekonomi politik Asia akan sejajar dengan negara-negara Eropa. Mengingat, banyak potensi yang dimiliki Asia untuk memperoleh tersebut.

“Keinginan kita di APA melalui parlemen masing-masing negara, yakni untuk lebih saling bersinerji lagi dalam peningkatan bagaimana mempromosikan prosperity di Asia,” kata Putu Supadma Rudana usai berbicara di Sidang Asian Parliament Assembly (APA) di Hotel Hilton, Istanbul  Turki, Sabtu (1/12/2018) kemarin.

“Tantangannya kita sangat berat. Memang prosperty saat ini ada di barat (eropa) tapi ke depannya Asia menjadi sentral kemajuan peradaban dan ekonomi di masa akan datang,” sambung Putu.

Yang terpenting bagi Indonesia, lanjut politisi muda Partai Demokrat ini, Bangsa Indonesia mendapatkan bonus demografi yang tidak diperoleh bangsa lain.

Putu yakin, di kawasan Asia ke depannya akan mengalami peningkatan di sektor ekonomi. Sementara di sektor politik perlu diciptakan keamanan politik di kawasan secara bersama-sama.

Untuk itu, harapnya, perlu bersama-sama parlemen Asia di APA menggelorakan atau menyuarakan kesamaan visi antar negara-negara ASIAN.

“Tantangan kita di Asia adalah mensinerjikan perbedaan untuk kemajuan bersama agar memberi inspirasi pada dunia,” ujarnya.

“Asia akan menjadi central of growt (pusat pertumbuhan) di bidang ekonomi. Selain itu, Asia juga akan menjadi central of civilitation (pusat peradaban) ke depan. Karena kawasan Asian memiliki inspirasi lebih besar,” ujar Putu.

“Di Asia, kita memiliki sejarah heretic dalam membangun sustainable development goals. Posisi Asia dalam tourism (pariwisata) sangat kuat dan ekonomi kreatif. Dengan potensi itu membuat Asia akan lebih maju di bidang ekonomi dan berdampak seluas-luasnya pada masyarakat,” papar Putu.

Baca juga :   Din Hadiri Pertemuan Para Tokoh Agama Dunia di Kyoto

Untuk itu, politisi asal Bali itu sangat optimis dan sangat tepat jika Asia fokus membangun tourism dan ekonomi kreatif ke depannya untuk memperbaiki kesejahteraan ekonomi masyarakat Asia. (H3)

 

 

Facebook Comments