Partai Golkar Pastikan Airlangga Sebagai Capres 2024

 Partai Golkar Pastikan Airlangga Sebagai Capres 2024

JAKARTA – Partai Golkar memastikan akan tetap memajukan Ketua Umum Airlangga Hartarto maju sebagai calon presiden dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily yang menyebut partainya masih konsisten dan menyodorkan nama Airlangga kepada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Partai Golkar masih konsisten mendorong Pak Airlangga sebagai capres untuk disodorkan kepada KIB,” kata Ace kepada wartawan, Rabu (2/11/2022).

Diketahui, selain Golkar, KIB terdiri atas Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Adapun PAN sedang mempertimbangkan untuk mengusulkan duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil kepada koalisi.

“Jadi soal nama-nama yang disebutkan berbagai pihak tertentu terserah, tapi yang menentukan para Ketua Umum KIB,” jelasnya.

Ace mengatakan KIB bakal memprioritaskan kader internal koalisi untuk figur capres maupun cawapres. Menurut dia, keputusan ini juga telah disampaikan dalam pertemuan internal KIB.

“Sejauh yang kami ketahui, terkait figur capres cawapres, kami akan memprioritaskan kader partai,” ujarnya.

“Tentu kader partai ini yang sifatnya kader internal baik Partai Golkar, PAN, maupun PPP,” tambahnya.

Sebelumya, Ketua DPP PAN, Bima Arya Sugiarto, mengatakan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sangat diperhitungkan oleh partainya untuk maju Pilpres.

Dia menyebut PAN sedang mempertimbangkan nama Ganjar-Ridwan Kamil untuk disodorkan ke KIB.

“Dua nama ini peringkat satu dan empat paling populer dalam survei. Nomor satu Ganjar, nomor empat Ridwan Kamil. Nomor dua dan tiganya sudah ‘diambil partai lain’. Jadi sangat wajar jika PAN sangat menghitung dua nama ini untuk dibicarakan di KIB,” kata Bima, Sabtu (29/10/2022).

Laporan: Gia

Editor: Habibi

Digiqole ad

Berita Terkait