‘Pembangunan Harus Berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi Rakyat’

‘Pembangunan Harus Berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi Rakyat’

SHARE

JAKARTA – Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto, Rabu (17/1/2018), menghadiri peresmian pengoperasian Sentral Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Mentawai di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dalam sambutannya, Hermanto menekankan soal eksternalitas pembangunan. Dimana SKPT Mentawai tersebut bisa menggerakkan ekonomi masyarakat di daerah.

“Keberhasilan membangun pusat pembangunan seperti SKPT Mentawai ini harus bisa melahirkan unit-unit ekonomi baru lainnya”, kata Hermanto sekaligus menjelaskan makna eksternalitas pembangunan.

Menurut Politisi PKS inj, bila eksternalitas pembangunan bisa terealisasi maka akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat tersebar di seluruh nusantara.

“Saat ini, pertumbuhan ekonomi di Mentawai sebesar 5,3 persen. Dengan keberadaan SKPT Mentawai ini diharapkan pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi meningkat menjadi minimal 5,4 persen”, papar Politisi dari dapil Sumatera Barat I ini.

Hadir dalam kegiatan ini Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dan Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet.

Pada kegiatan ini diserahkan berbagai jenis bantuan. Kepada Pelabuhan Perikanan Pesisir (PPP) Sikakap diserahkan: ice
storage , sistem air bersih, conblock, jalan 40 m, kendaraan/mobil pickup, fasilitasi kebersihan, gapura dan fontbox. Bantuan kapal 5 GT, alat tangkap gillnet , cool box 1 ton dan biaya operasional melaut pertama kepada Koperasi STF Amanah Mentawai dan Koperasi Nelayan Sikakap.

Selain itu juga ada pemberian bantuan benih ikan kerapu, pakan, obat-obatan dan alat pembersih jaring kepada perwakilan kelompok nelayan KJA. Bantuan cool box kapasitas 50 liter kepada kelompok nelayan. Bantuan benih ikan Kerapu produksi BBIP Sikakap dan Asuransi Nelayan kepada nelayan setempat.

Selain itu diresmikan juga pasar ikan higienis dan penyerahan rumah untuk nelayan. Seluruh kegiatan tersebut dilakukan dalam satu Agenda Anggota DPR terajin versi lintasparlemen.com ini selama ke Mentawai. (Joko)

Facebook Comments
Baca juga :   Idris Laena: Jika Ingin Koperasi Indonesia Maju, Belajarlah dari Jepang!