Pemerintah dan BI Diminta Sosialisasi Uang Baru Secara Masif

 Pemerintah dan BI Diminta Sosialisasi Uang Baru Secara Masif

JAKARTA – Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan tujuh pecahan uang baru 2022. Terkait hal itu Komisi XI DPR meminta agar masyarakat mendapat sosialisasi.

Mengingat selama ini selalu menolak bila mendapat uang pecahan baru karena kurangnya sosialisasi. Bahkan uang dengan motif baru tersebut kerap dianggap uang palsu.

“Sosialisasinya harus masif. Karena peluncuran uang baru ini bertepatan dengan hari kemerdekaan,” kata Charles Meikyansah Anggota Komisi XI DPR RI kepada wartawan, Jumat (19/8/2022).

Lebih jauh, Politisi Nasdem berharap teknologi yang digunakan uang baru itu dapat mudah dikenali keasliannya. Sehingga, masyarakat bisa terhindar dari kasus uang palsu.

“Sehingga masyarakat bisa memahami. Dan uang rupiah terbitan sebelumnya harus di sosialisasikan kalau masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah,” imbuhnya.

Uang baru yang diterbitkan terdiri dari pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Uang Tahun Emisi (TE) 2022 tersebut memiliki desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang disebut lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Uang Baru 2022 ini bisa didapatkan di BI atau melalui layanan tukar uang baru secara online dengan aplikasi penukaran dan tarik uang rupiah (PINTAR) dengan melalukan pemesanan dengan sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku.

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait