Pemerintah Diminta Pastikan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Tepat Waktu

 Pemerintah Diminta Pastikan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Tepat Waktu

JAKARTA – Komite I DPD RI sepakat mendorong penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 tepat waktu dan tepat anggaran. Disamping itu, pemerintah juga diminta untuk memastikan dukungan penuh bagi kelancaran penyelenggaraan pemilu.

Tentu hal tersebut melalui dukungan sumber daya manusia serta penyelesaian batas dan moratorium pemekaran Kecamatan/Desa/Kelurahan. Sekaligus data kependudukan dan termasuk pendidikan politik bagi masyarakat.

“Persiapan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 harus maksimal. Apalagi progress pengisian PJ Kepala Daerah, persiapan terhadap 3 Provinsi baru di pemekaran Papua, dan RUU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya ini bisa bertepatan dengan Pemilu,” kata Senator Andiara kepada wartawan, Rabu (31/8/2022).

Sementara itu, Senator Jhon Wempi menegaskan bahwa pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 harus sesuai dengan jadwal sebagaimana arahan Presiden untuk taat konstitusi.

Sekaligus memastikan pengisian Penjabat (PJ) sesuai dengan peraturan perundangan-undang dengan tetap mengedepankan kebutuhan daerah, serta memastikan agenda utama roadmap pasca pengundangan 3 (tiga) undang-undang Provinsi Papua berjalan sesuai jadwal, serta pengawalan RUU Papua Barat Daya.

“Maka itu pemerintah melalui Kemendagri RI agar dalam kebijakan pembentukan Provinsi Papua Barat Daya harus memperhatikan aspirasi Orang Asli Papua (OAP) dengan menggunakan pendekatan sosial, budaya dan adat istiadat,” ujarnya.

“Dalam hal pemekaran di Provinsi Papua Barat Daya, Pemerintah diminta untuk memfasilitasi pertemuan dengan Pemda untuk menyelesaikan permasalahan batas wilayah adat di Tambrauw dan Manokwari,” pungkasnya.

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait