Pemuda LIRA Satukan Barisan Siap Berperan di Pemilu 2024

 Pemuda LIRA Satukan Barisan Siap Berperan di Pemilu 2024

JAKARTA – Pemuda LIRA telah siap siaga mengambil peran pada pemilihan umum 2024 mendatang. Setuju atau tidak pemuda harus melibatkan diri mengambil peran sebagai tanggungjawab politik.

Hal itu muncul dalam diskusi interaktif berjudul Pemuda Ambil Peran atau Tolak Berperan dalam tahun politik 2024, baru-baru ini, di sebuah kafe di daerah Kalibata, Jakarta Selatan.

Diskusi terbuka yang dihadiri masyarakat umum, akademisi, mahasiswa, aktifis dan sejumlah lembaga hukum ini, menghadirkan Ketua Pemuda LIRA DPW DKI Jakarta Ir. Afif Fajar Nurtyanto, S.T, M.M sebagai narasumber bersama sejumlah narasumber yang keseluruhannya anak muda.

Pada kesempatan itu hadir Ketua KNPI DKI Jakarta Ronny Bara Pratama, SH, MH, Bendahara Umum Pandawa Nusantara Dr. Hendra Hartanto, ST, MT dan Sekjen Pemuda Bulan Bintang Akmal Farhansyah Razak, SIKom yang diwakilkan Wakil Ketua Bulan Bintang Jihan Raliby.

Ketua Pemuda LIRA DPW DKI Jakarta Ir. Afif Fajar Nurtyanto menyampaikan kata sambutan pada diskusi berjudul ‘Pemuda Ambil Peran atau Tolak Berperan’ di tahun politik 2024 dengan tema ‘Pemuda Berkarakter yang berADAB’ (Akademis Daya Cipta dan Pengabdi)

Menurut Afif kegiatan ini untuk memberikan wadah kepada anak muda sebagai sarana asah diri, melatih nalar dan logika dalam bertindak.

“Pemuda harus menjadi bagian perubahan untuk kemajuan bangsa,” demikian sebut Afif, sekaligus melatari tema yang diusung yakni Pemuda Ambil Peran atau Tolak Berperan.

“Pemuda harus sadar, kita Indonesia dan memiliki bonus demografi yang kurang lebih 60 persen adalah pemuda pemudi yang akan memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024,” kata Afif.

Sementara Ketua Umum DPP Pemuda LIRA Adam Irham, S.Sos menyampaikan bahwa anak muda harus bersinergi dan mampu berperan dalam mengisi pembangunan.

“Kita jangan jadi sebagai mainan yang saat ini sedang buming yakni lato-lato, yang diperumpamakan sebagai pemuda yang tidak boleh saling berbenturan, melainkan harus mensinergikan,” ucap Adam.

Sementara Dr. Hendra Hartanto menyampaikan dalam kehidupan selalu berhubungan dengan politik. Bilamana tidak mengambil peran maka akan menjadi permainan.

“Pemuda itu harus memperkuat kapasitas dirinya terlebih dahulu sebelum terjun keranah yang lebih tinggi, yaitu yang mengambil kebijakan,” ucap Bendum Pandawa Nusantara ini.

Sedang Wakil Ketua Bulan Bintang Jihan Raliby memaparkan bahwa pemuda dapat memberikan peran nyata dalam politik dengan tiga hal, yakni Intelektualnya, bakat atau hobi dan material atau uang.

“Pemuda bisa berperan aktif dengan salah satu hal tersebut. Jadi tidak perlu pesimis untuk berkontribusi nyata di ranah perpolitikan,” ucap Jihan.

Ketua DPD 1 Jakarta KNPI Ronny Bara Pratama dalam paparannya menambahkan, pemuda harus berani dan yakin dalam berperan di ranah tertinggi.

“Tidak ada yang tidak mungkin bila ingin berusaha. Tahap demi tahap dipersiapkan ke arah yang dituju, sehingga peran pemuda akan nyata dan sampai pada puncak yang diharapkan,” pungkas Ronny.

Dalam pantauan mediaseruni, diskusi berlangsung interaktif dan sarat wawasan. Peserta terlihat antusias melontarkan pertanyaan kepada narasumber.

 

Digiqole ad

Berita Terkait