Pemuda Sulsel Tak Terima Petinggi TNI Sebut Selayar Pulau Terpencil

Pemuda Sulsel Tak Terima Petinggi TNI Sebut Selayar Pulau Terpencil

SHARE
Awaluddin bersalaman dengan Kolonel Inf Nefra Firdaus usai acara diskusi kebangsaan

JAKARTA – Tokoh pemuda asal Sulawesi Selatan (Sulsel) Awal Makkajareng geram atas pernyataan petinggi TNI Angakatan Laut (AL) Kolonel Inf Nefra Firdaus yang menyebut ‘Selayar Pulau Terpencil’.

Nefra menyampaikan hal itu dihadapan ratusan peserta Dialog Kebangsaan Bidang Komponen Masyarakat dan Ormas (Komsos) TNI AL di Gedung Oemar Basri Syaaf Koamanda I Jalan Gunung Sahari 67, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2019).

“Saya tidak terima pernyataan Bapak Nefra yang menyebut Selayar pulau perpencil. Jika disebut terpencil apa variabelnya? Masa terpencil ada pelabuhannya, ada bandaranya, fasilitas yang ada tak bisa disebut terpencil. Selayar sudah maju,” kata Awal usai acara.

Menurut Awal apa yang disampaikan Nefra tak sesuai dengan kenyataan. Jika menyebut Selayar terpencil harus disampaikan dengan data-data yang konkrit.

“Saya tak terima apa yang disampaikan oleh beliau (Kolonel Inf Nefra Firdaus). Karena todak semua pulau di Sulsel itu terpencil. Kalau mau lihat pulau terpencil, dia harus ke pulau di Pangkep yang notabene banyak pulau yang terpencil dan tak berpenghuni,” tegas Awal.

Saat dikonfirmasi, Nefra mengatakan, benar Selayar salah satu pulau terpencil. Ia mengaku lama tinggal di pulau yang berpenduduk 121.905 jiwa itu.

“Pulau Selayar, adalah pulau terpencil. Kita semua wilayah terpencil?,” kata Nefra di lokasi acara, mengulangi statemennya saat dikonfirmasi terkait statmennya itu.

“Saya pernah tinggal di sana jadi saya tahu. Memang Selayar pulau terpencil. Saya tahu banyak soal Selayar,” sambungnya.

Untuk diketahui, Pulau Selayar merupakan pulau yang terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel.

Adapun sarana transportasi dari luar yang paling dekat yakni pelabuhan penyeberangan Pamatata yang ada di desa Pamatata, kecamatan Bontomatene. Dan bandar udara terdekat dan satu-satunya yang ada di pulau Selayar adalah Bandar Udara H. Aroeppala terletak di dusun Padang, desa Bontosunggu, kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sepakatkah Anda Selayar termasuk pulau terpencil? (HMS)

Facebook Comments