Pengumuman! Pemenang Lomba Foto Sodik Mudjahid Institute Diumumkan Besok

 Pengumuman! Pemenang Lomba Foto Sodik Mudjahid Institute Diumumkan Besok

JAKARTA – Pemenang Lombo Foto Sodik Mudjahid Institute sudah ditutup. Tinggal menunggu hasil pemenang dari peserta lomba dalam rangka dirgahayu atau memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 tahun 2022. Sesuai rencana ‘Lomba Foto’ para pemenang diumumkan besok hari, Sabtu (3/9/2022).

Lomba yang digelar dua kategori tersebut menghasilkan 243 peserta dengan total lebih dari 700 foto yang ikut serta dalam lomba tersebut. Di mana lomba memiliki dua kategori, yakni umum tanpa melihat batas umur dan jenis kelamin. Sementara kategori kedua, khusus buat ‘Lomba Emak-emak’ minimal usia 40 tahun.

“Saya ucapkan terima kasih, hatur nuhun untuk semua peserta yang sudah berpartisipasi,” kata Anggota Komisi X DPR RI Sodik Mudjahid seperti dilansir di akun Instagram @sodikmudjahid Lintas Parlemen, Jumat (2/9/2022).

Menurut Sodik usia melihat foto yang dikirim ke meja panitia, foto yang dikirim oleh para peserta sangat bagus. Ia menilai foto-foto yang dikirim sebagai bentuk kreativitas tinggi masyarakat Indonesia memperingati HUT ke-77 RI.

“Semua fotonya MasyaAllah bagus-bagus, saya apresiasi sekali hasil jepretannya. Menunjukkan kreativitas yang tinggi, antara seni dan naluri seorang fotografer,” ujar Sodik.

Alumni HMI dan PII ini mengungkapkan, proses penjurian dilakukan sebaik-baiknya dengan melibatkan ahli fotografer handal. Sodik menyampaikan, para peserta lomba untuk terus berdoa agar menjadi juara pada lomba kali ini.

“InsyaAllah penjurian akan segera dilakukan seadil-adilnya, semua hasil lomba nanti mutlak keputusan juri berdasarkan teknis penilaian yang sudah ditentukan,” ujar Sodik.

“Berdoa saja, semoga Allah memberikan yang terbaik, dan kalau memang rejekinya, Anda pasti jadi pemenangnya. Nantikan terus pengumuman pemenang lombanya, dan terus berkarya!!,” tambah Sodik.

Sementara salah satu juri Ade Bayu Indra merasa bangga, karana peserta yang ikut serta lomba melampaui target dari juri. Selain itu, lanjut Ade, peserta sangat antusias mengikuti lomba tersebut. Ia berharap berikutnya peserta yang belum sempat mengikuti lomba bisa mengikuti kategori berikutnya.

“Alhamdulillah waktu cuma sebulan tapi antusias pesertanya luar biasa, jumlah foto segitu udah lebih dari cukup. Alhamdulillah, lomba foto Piala Kang Sodik sudah berakhir. Sebanyak 243 peserta dengan total lebih dari 700 foto menunjukkan antusias peserta yang sangat luar biasa,” ujar Ade Bayu Indra pada Lintas Parlemen, Jumat (2/9/2022).

Ade menjelaskan, proses penilaian juri digelar malam ini usai shalat magrib. Ade berharap, hasil dari dewan juri bisa diumumkan besok, Sabtu (3/9/2022) seperti agenda yang telah disampaikan kepada peserta lomba.

“Penjurian nanti magrib, mudah mudahan bisa langsung diumumin besok,” pungkas Ade.

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA FOTO PIALA KANG SODIK 

Syarat dan Ketentuan Peserta
1. Peserta lomba Foto Piala Kang Sodik bersifat umum dan perorangan, peserta wajib mendaftarkan diri di link berikut: https://bit.ly/LombaFotoKangSodik.
2. Kategori Umum tidak dibatasi usia, Kategori Emak-Emak minimal Usia 40 Tahun
3. Peserta diwajibkan mem-follow akun resmi Instagram Sodik Mudjahid dengan klik tautan ini: @sodikmudjahid
4. Setiap peserta hanya dapat mengirimkan maksimal 5 foto terbaiknya disertai kepsen foto yang menarik
5. Foto yang dilombakan adalah karya sendiri, belum pernah dipublikasikan, belum pernah dilombakan sebelumnya, dan tidak sedang diikutkan lomba sejenis.
6. Foto tidak megandung unsur SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan), pornografi, dan hal – hal lain yang bertentangan dengan etika, norma, dan hukum yang berlaku di Indonesia.
7. Foto tidak mengandung watermark ataupun tanda copyright 
8. Foto boleh di edit standar berupa cropping, rotate, sharpening, dan contrast adjustment selama tidak mengubah konten foto.
9. Hasil foto diharuskan berwarna, tidak hitam putih.
10. Foto dapat diambil dari kamera apapun (DSLR mirrorless, ataupun smartphone).
11. Isi foto menjadi tanggung jawab pengirim.
12. Setiap foto yang telah dikumpulkan menjadi milik panitia lomba.
13. Hasil foto dengan format JPEG harus di upload di akun instagram peserta dengan memention/tag akun instagram @sodikmudjahid dan hashtag #sodikmudjahid #pialakangsodik #lombafotokangsodik #hut77ri #indonesiaemas2045 dengan dilengkapi :
a. Nama Peserta      :
b. Judul Foto          :
c. Lokasi Foto        :
d. Caption              :
e.  No WA              :
14. Akun instagram peserta tidak boleh di private
15. Foto dan caption disesuaikan dengan tema

Syarat Dan Ketentuan Lomba
1. Periode foto lomba 1 Januari 2020 hingga 31 Agustus 2022
2. Upload foto maksimal 31 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB
3. Panitia lomba akan menghubungi pemenang lomba melalui telepon atau akun Instagram peserta
4. Peserta yang mengikuti lomba foto Piala Kang Sodik berarti dianggap memahami dan mematuhi peraturan dan ketentuan yang dibuat oleh panitia.
5. Apabila ditemukan kecurangan, kekurangan kelengkapan data peserta, dan hal yang bersifat melanggar petunjuk pelaksanaan, peserta akan dikenakan diskualifikasi secara personal.
6. Keputusan dewan juri dan panitia dianggap mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

Kriteria penilaian
1.Kesesuaian dengan tema
2. Kreatifitas dan Orisinalitas
3. Kemampuan teknis
4. Keaslian ide
5. Pemanfaatan momen

Juri Lomba Foto
1. Dr. Ir. H. Sodik Mudjahid, M. Sc (Anggota Komisi X DPR RI)
2. Dudi Sugandi (Profesional Senior Photographer)
3. Ade Bayu Indra (Fotografer)

Hadiah Lomba
Kategori Umum :
Juara 1 : Piala + Uang Tunai Rp 3 juta
Juara 2 : Piala + Uang Tunai Rp 2 juta
Juara 3 : Piala + Uang Tunai Rp 1 juta

Kategori Emak-Emak
Juara 1 : Piala + Uang Tunai Rp 2 juta
Juara 2 : Piala + Uang Tunai Rp 1,25 juta
Juara 3 : Piala + Uang Tunai Rp 750.000
* Diskon Umrah dan Pendidikan Sesuai Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Pengumuman Lomba
– Hasil lomba foto akan diumumkan pada 3 September 2022

Laporan: Aidil Muhammad

Editor: Habib Harsono

 

Digiqole ad

Berita Terkait