‘Pentingnya Implementasi Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara’

 ‘Pentingnya Implementasi  Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara’

JAKARTA, LintasParlemen.com – Anggota Komisi VII DPR RI Aryo PS Djojohadikusumo menilai karakter bangsa Indonesia saat ini sudah mulai luntur dan pudar dalam menjaga keutuhan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini tengah diuji, maraknya aksi-aksi yang menjurus ke arah memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa semakin merajalela, karakter bangsa Indonesia yang begitu toleran saat ini sedikit demi sedikit memudar” ujar Aryo PS Djojohadikusumo  saat melakukan sosialisasi UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika di Aula Balai Latihan Kominfo Kebon Jeruk, (Kamis, 16/06/2016) kemarin.

Ia mengatakan, ke bhinekaan yang selama ini menjadi nilai penting menjaga kerukunan berbangsa dan bernegara perlahan luntur. Masyarakat saat ini sudah tidak lagi memahami pentingnya nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika yang menjadi semboyan bangsa kita.

“Sebagaimana kita saksikan berita-berita belakangan ini, yang menunjukan betapa sikap toleransi antara kita semakin mengkhawatirkan, ada beberapa kelompok atau bahkan pemerintah daerah yang mengeluarkan kebijakan seolah mendukung sikap-sikap intoleran tersebut” lanjut politisi Gerindra ini.

Untuk itu, pada momentum sosialisasi ini, ia ingin menganjak semua pihak yang hadir untuk kembali mengkaji nilai-nilai fundamental berbangsa dan bernegara, tujuannya agar sikap-sikap yang menjurus kearah perpecahan bisa dihilangkan.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini, saya ingin mengajak generasi muda mengkaji, memahami dan mengimplementasikan empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara ini, tujuannya, agar kita kembali menemukan nilai-nilai luhur dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga kerukunan dan toleransi dapat terpelihara dengan baik dan pada akhirnya keutuhan NKRI dapat terus kita jaga bersama” pungkas Aryo. (Fahri)

Digiqole ad

Berita Terkait