Peringati Tahun Baru Islam 1444 H dan Harla PKB ke-24, Ribuan Emak-emak di Majalengka Ikuti Senam Masal

 Peringati Tahun Baru Islam 1444 H dan Harla PKB ke-24, Ribuan Emak-emak di Majalengka Ikuti Senam Masal

MAJALENGKA – Ribuan Emak-emak muda yang tinggal sekitar di Majalengka berkumpul demi mengikuti senam masal dalam rangka merayakan tahun baru Islam 1444 Hijriyah dan harlah PKB ke-23.

Cara itu digunakan umat Islam Indonesia di Majalengka merayakan pergantian tahun baru Islam 1444 H menggelar munajat dan istighosah sejak subuh pagi hingga siang bersama ribuan emak-emak denga senam masal  di lapangan Pondok Pesantren Al Mizan Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2022).

Pada kesempatan itu menyediakan banyak doorprize dan betul saja banyak peserta tertarik mengikuti acara agar hadiah total puluhan juta rupiah. Kategori yang dapat hadiah yakni kelompok senam terkompak dengan menayanyikan lagu ‘PKB Jaya Gus Muhaimin Presiden Kita’.

Yang hadir pada kesempatan itu, Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB, KH Maman Imanulhaq mengungkapkan, pihaknya sengaja menggagas seperti itu untuk mengajak warga bersuka cita bersama merayakan hari besar umat Islam, 1 Muharram 1444 H.

“Alhamdulillah banyak yang ikut. Banyak masyarakat setempat ikut rangkain demi rangkaian yang kita gelar,” kata Kiai Maman usai acara.

“Acara ini kita gelar sejak pekan lalu dengan beragam  lomba seperti lomba karaoke, dilanjutkan istigosah dan siangnya kita gelar senam bersama. Bentuk kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kita sebagai umat Islam karena bisa melewati pergantian tahun hijriah ini,” sambung Kiai Maman.

Istimewanya, kata Kiai Maman, tahun baru Hijriah tahun ini dirangkaikan dengan Hari Ulang (harla) PKB yang ke-24. Kiai Maman, yang saat ini sebagai Anggota Komisi VIII DPR RI ini menjelaskan, dirangkaikan dua acara tersebut sebagai edukasi untuk menyadarkan masyarakat terkait penting partisipasi politik.

Apalagi, lanjutnya, tak lama lagi akan memasuki tahun politik. Untuk itu, Kiai Maman tidak ingin politik justru memecah belah umat. Ia berharap momentum bulan Muharram ini untuk berpolitik berduka cita atau riang gembira.

“Senam bersama ini agarbuntuk masyarakat makin sehat. Ditambah Indonesia belum sepenuhnya keluar dari pandemi Covid-19. Selain vaksinasi booster, olahraga juga perlu dilakukan secara rutin untuk memperbaiki imun dan kebugaran tubuh,” terang Kiai Maman.

Laporan: Elin

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait