PKS Minta Anak Sekolah Belajar Bersama Langsung via TVRI

PKS Minta Anak Sekolah Belajar Bersama Langsung via TVRI

BERBAGI

PANDAGELANG – Makin elonjaknya angka infeksi virus corona di Indonesia dari hari ke membuat sekolah-sekolah di pelbagai daerah diliburkan bahkan kegiatan Ujian Nasional (UN) untuk semua tingkat pendidikan juga diundur hingga menunggu suasana kondusif di dalam negeri.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Dimyati Natakusumah mengusulkan, proses belajar secara nasional ditayangkan di Televisi Nasional Republik Indonesia (TVRI). Bagaimana mekanismenya?

Seperti diketahui, meskipun kegiatan belajar di sekolah diliburkan untuk sementara, para siswa sekolah diimbau untuk tetap belajar di rumah siswa masing-masing.

“Seharusnya pemerintah republik indonesia buka program pendidikan via tv, di mana mengajarkan anak sekolah lewat TVRI, tv nasional dan diatur waktunya,” kata Dimyati pada wartawan Lintas Parlemen, Jumat (27/3/2020).

Menurut Dimyati, proses belajar mengajar di rumah yang ditayangkan melalui tv nasional itu mengacu pada kurikulum nasional. Sehingga, para siswa di rumah tidak ketertinggalan pelajaran.

“Pendidikan disesuaikan dengan kurikulum belajar nasional,” ujar Dimyati.

Untuk itu, ia meminta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim membuat formulasinya untuk diterapkan di seluruh Indonesia dalam waktu dekat ini. Dimyati menyebutjan, rencana ini jangan ditunda-tunda lagi.

“Maka segera segera Mendiknas (Nadiem Makarim) buat program tersebut setiap hari di saat anak-anak belajar dirumah. Setiap hari disesuaikan mata pelajarannya dengan program belajar disekolah,” jelasnya.

Dimyati juga meminta kerjasama kedua orangtua di rumah agar proses belajar mengajar via televisi berjalan lancar sesuai program nasuional, untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Kepada semua sekolah mewajibkan anaknya mengikuti pengajaran lewat TVRI dan kepada orangtuanya untuk mengikhlaskan anak-anaknya belajar di tv sesuai jenjangnya,” tambahnya.

Di akhir keterangannya Dimyati membuat list proses belajar mengajar yang akan ditayangkan di TVRI bermula dari jam 07.00 WIB sd jam 23.00 WIB.

Kelas 1 SD mulai jam 07.00 WIB – 09.00 WIB
Kelas 2 SD jam 09.00 WIB – 11.00 WIB
Kelas 3 SD jam 11.00 WIB – 13.00 WIB
Kelas 4 SD jam 13.00 WIB – 15.00 WIB
Kelas 5 SD jam 15.00 WIB – 17.00 WIB
Kelas 6 SD jam 17.00 WIB – 19.00 WIB
SMP kelas 7 jam 19.00 WIB – 21.00 WIB
SMP kelas 8 jam 21.00 WIB – 23.00 WIB
SMP kelas 9 jam 05.00 WIB – 07.00 WIB

 

Facebook Comments