Polsek Bayah Banten Diserang, Komisi III DPR: Aparat Harus Perhatikan 3 Aspek...

Polsek Bayah Banten Diserang, Komisi III DPR: Aparat Harus Perhatikan 3 Aspek Keamanan

SHARE
Anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Alhabsyi salam komando dengan Kapolda Kalbar

LEBAK – Anggota Komisi III DPR RI  Aboe Bakar Alhabsyi menyesalkan adanya aksi massa yang berujung pada pengerusakan Kantor Polsek Bayak, Lebak, Banten. Menurutnya, situasi ini harus disikapi secara serius dengan menjaga keamanan, agar tidak terulang.

“Perlu dilakukan pemeriksaan apa yang sebenarnya terjadi dan menyebabkan tersulutnya emosi warga. Apakah memang benar ada oknum polisi yang diduga menabrak warga setelah melakukan penangkapan nelayan. Ataukan sebenarnya informasi tersebut hanya hoax belaka,” jelas Habib Aboe sapaan Aboe Bakar Alhabsyi, Ahad (13/5/2018).

Saat ini, Polisi menyelidiki provokator dan pelaku perusakan Polsek Bayah, Lebak, Banten. Massa merusak Mapolsek Bayah dan mobil patroli karena salah paham soal penangkapan pengusaha perikanan, Anwar dan Gugun.

Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan belum ada orang yang ditangkap terkait perusakan. Polisi, menurut Listyo, memang mengambil langkah awal meredam emosi warga karena kesalahpahaman.

“Polda Banten perlu turun tangan untuk melakukan investigasi. Hasilnya perlu disampaikan kepada masyarakat secara terbuka disertai dengan saksi dan bukti yang ditemukan. Jangan sampai terjadi distrust terhadap lembaga kepolisian di tengah masyarakat. Karenanya, perlu selalu dilakukan pendekatan persuasif dalam menjalankan tugas kepolisian,” paparnya.

Dalam menjalankan tugasnya, lanjut politisi PKS initial, setiap aparat seharusnya memperhatikan dengan seksama 3 aspek keamanan. Pertama adalah aman personel, ini adalah pertimbangan yang paling utama. Setiap tindakan yang diambil jangan sampai mengancam jiwa atau keselamatan diri dari aparat itu sendiri.

“Kedua adalah aman aset, merupakan aspek penting agar setiap aset negara dapat terjaga dengan baik. Pada kasus di Polsek Bayat, seharusnya aparat dapat mempertimbangkan setiap langkah yang akan dilakukan, dan kejadian seperti ini seharusnya dapat dihindari,” terangnya.

Baca juga :   Pujian Bamsoet untuk Polri soal SP3 Kasus Chat Habib Rizieq

Habib Aboe menyampaikan hal ketiga dalam menjaga keamanan, yakni aman institusi, jangan sampai langkah yang diambil oleh aparat di lapangan dapat menurunkan kepercayaan publik pada institusi.

“Setiap perilaku dari aparat akan selalu dikaitkan dengan institusi tempat bernaungnya. Karenanya, langkah penegakan hukum yang dilakukan harus mempertimbangkan pula dampak untuk institusinya. Saya kira kejadian perusakan Polsek Bayat ini bukan hanya soal aset negara, namun juga soal profil korps kepolisian di mata masyarakat,” terangnya.

Sebagai informasi, penyerangan Polsek Bayah, Lebak, Banten merusak fasilitas kepolisian. Ada dua mobil patroli ikut dibakar massa. Ada juga 4 motor dinas Polsek Bayah yang hangus dibakar karena kemarahan warga yang dipicu salah paham soal penangkapan dua pengusaha perikanan.

Penyerangan dilakukan lebih dari 100 orang yang datang dari sejumlah daerah seperti Cisolok, Binuangeun dan Pelabuhan Ratu tersebut. (HMS)

Facebook Comments