PPP Raih Nomor Urut 17, Mudah Disosialisasi ke Masyarakat

 PPP Raih Nomor Urut 17, Mudah Disosialisasi ke Masyarakat

JAKARTA – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) satu-satunya partai parlemen yang tidak memakai nomor urut lama pada pemilu umum (Pemilu) 2024 mendatang. Di mana PPP mengikuti pengundian seperti partai politik yang baru terdaftar di KPU.

Pada proses pengundian itu, PP mendapatkan nomor urut 17. Bagi PPP angka 17 itu sudah sangat cocok untuk menghadapi pemilu serentak yang digelar sebentar lagi.

Wakil Ketua Umun PPP Arsul Sani mengatakan nomor 17 akan memudahkan sosialisasi karena merupakan urutan terakhir. Dia lantas mengasumsikan angka 17 adalah angka beruntung.

“Ini akan memudahkan kami untuk melakukan sosialisasi kenapa memudahkan? Karena berarti posisi PPP dalam surat suara adalah partai paling terakhir,” kata Arsul di KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/12/2022) semalam.

Menurut Arsul, nomor 17 lebih cocok dengan kondisi ke-Indonesia-an saat ini. Di mana setiap tanggal 17 Agustus digelar sebagai hari kemerdekaan republik Indonesia.

“Kedua, sosialisasi sehari-harinya gampang karena bisa diasosiasikan dengan salat 17 rakaat, hari kemerdekaan 17 Agustus, nuzulul quran 17 ramadhan. Jadi kita terus terang bersyukur dengan nomor 17 itu,” sambungnya.

PPP mendapat nomor urut 10 di pada pemilu 2019. Menurut Arsul nomor tersebut kurang membawa keberuntungan bagi PPP.

“Kalau agak kleniknya karena dengan nomor 10 kami ‘sial’, kita harus coba peruntungan baru. Bukan nomor 10 itu ‘sial’, kami dengan nomor 10 itu tidak beruntung,” ujarnya.

Sebelumnya, Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono menyebut nomor urut tersebut memiliki banyak filosofi dan mempunyai makna baik di dalamnya.

“Ini mungkin petunjuk dari Allah SWT agar PPP terus mewarnai Indonesia, sesuai dengan kodratnya. Banyak filosofi yang termuat dalam nomor 17, seperti dideklarasikannya Indonesia, diturunkannya Al-Qur’an pada 17 Ramadhan, dan jumlah salat dalam satu hari yaitu 17 rakaat,” ujar Mardiono dalam keterangan tertulis, Kamis (15/12/2022) kemarin.

“Kiranya dengan nomor 17, teman-teman memiliki filosofi perjuangan Islam juga. Ini semua menjadi kebangkitan umat Islam, kebangkitan PPP untuk terus mengawal Indonesia. Serta mengantarkan Indonesia menuju sejahtera, lahir batin, menjadi negara Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur,” katanya.

Dia berharap lewat nomor urut Pemilu yang baru ini pun bisa mendapat hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

“Harapannya, dengan nomor baru kita bisa mensosialisasikan ke masyarakat dan mendapat hasil yang lebih baik lagi tentunya,” pungkasnya.

Berikut peserta Pemilu 2024 beserta nomor urutnya:

1. PKB
2. Gerindra
3. PDIP
4. Golkar
5. NasDem
6. Partai Buruh
7. Partai Gelora
8. PKS
9. PKN
10. Hanura
11. Partai Garuda
12. PAN
13. Partai Bulan Bintang
14. Partai Demokrat
15. PSI
16. Perindo
17. PPP

 

Digiqole ad

Berita Terkait