Prabowo-Gibran Menang di Papua Pegunungan! Mesakh Mirin Dipastikan Terpilih Kembali Raih Kursi di DPR RI

 Prabowo-Gibran Menang di Papua Pegunungan! Mesakh Mirin Dipastikan Terpilih Kembali Raih Kursi di DPR RI

PAPUA PEGUNUNGAN – Anggota DPR RI yang kembali maju Caleg di pemilihan legislatif {Pileg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) Mesakh Mirin mendapatkan suara dengan mendapatkan kepercayaan Rakyat Papua Pegunungan. Kemenangan itu diikuti raihan mayoritas Rakyat Papua Pegunungan ke Paslon Prabowo Subianto dan Gibran Raka Bumingraka.

Kursi satu DPR RI pun dipastikan kembali diraih Mesakh Mirin dengan keunggulan suara di Yahukimo unggul di semua distrik. Kepastian itu datang dari Kepala Suku Ngalik Ham Heluka.

“Di Yahukimo masih menggunakan sistim noken yang sudah ikat suara untuk Mesakh Mirin yaitu dari suku Ngalik, Yali, Kimyal, meek dan una. Ini pasti akan bertambah lagi kami masih menunggu rekapan dari yang lain,” kata Heluka seperti keterangan tertulisnya, Selasa (27/02/2024).

Heluka mengungkapkan, hasil pleno rekapitulasi suara dari Korupun, Mesakh Mirin mendapatkan 8.500 suara, kemudian dari Sela 11.509 suara, Duram 4.750 suara, Ukha 5.556 suara dan Dekai 2.237 suara.

Suara terbanyak Mesakh Mirib datang dari Yahukimo untuk DPR RI Dapil Papua Pegunungan dengan jumlah suara sementara 74.747 suara.

Sebagai informasi, Mesakh Mirin saat ini menjabat sebagai anggota Komisi V DPR RI Dapil Papua dari Fraksi PAN periode 2019 – 2024. Kala itu, Mesakh meraih jumlah suaranya yang luar biasa sebesar 130.304 suara.

Sebelumnya, 2014-2019 menjabat sebagai anggota DPD RI Dapil Papua. Kini mencalonkan kembali di pemilu legislatif untuk DPR RI dari PAN Dapil Papua Pegunungan.

Hal senada disampaikan oleh sejumlah tokoh masyarakat setempat, salah satunya dari Ketua Klasis Nalca Yohanes Yando dan dari Puldama, kemudian mantan Ketua
Klasis Petrus Simalya.

‘Jadi jumlah tersebut baru 14 distrik dari 51 distrik. Beberapa suara belum masuk tapi kita bisa pastikan,” ujar Yohanes.

Saat dihubungi secara terpisah melalui sambungan telepon, Mesakh Mirin mengucapkan terima kasih kepada kepercayaan masyarakat Yahukimo yang  telah mempercayainya dan memilihnya sebagai wakil rakyat di DPR RI.

“Terima kasih banyak atas kepercayaannya, ini tidak akan saya sia-siakan, saya melakukan yang terbaik untuk Yahukimo di periode ke dua ini,” ucap Mesakh, Selasa (27/2/2024).

“Puji Tuhan… dukungan untuk saya dari Yahukimo cukup banyak, dan sementara suara saya terbanyak,” sambung Mesakh.

Pria yang sebut diri Pembela Rakyat Papua ini termasuk TKN Prabowo-Gibran berhasil memenangkan Paslon Nomor 2 di Papua Pegunungan. Saat ditanya, ia menyebut limpahkan suara untuk Prabowo-Gibran datang dari Papua Pegunungan.

“Iya, kita menang telak di Papua Pegunungan. Prabowo-Gibran untuk sementara dari rekapitulasi suara raih 1.345.609 suara,” ujar Mesakh.

 

Berita Terkait