Profil Reda Manthovani, Kajati DKI yang Baru Segudang Prestasi

 Profil Reda Manthovani, Kajati DKI yang Baru Segudang Prestasi

“Persiapkan suksesmu jika ingin meraihnya di masa akan datang,” kata motivator DR Suharsono, MM MPd.

Mungkin kata-kata DR Suharsono itu cocok menggambarkan pencapaian Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta DR Reda Manthovani yang baru dilantik oleh Jaksa Agung, ST Burhanuddin.

Adalah DR Reda Manthovani, SH, LL.M dikenal sebagai seorang Jaksa. Selain Jaksa, DR Reda juga tercatat sebagai Akademisi di bidang penegakan hukum di Indonesia.

Pria kelahiran Jakarta, 20 Juni 1969 atau usia 52 tahun silam ini memulai karirnya dengan menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Pancasila atau FH-UP di tahun 1988 hingga 1992. Di kampus UP itulah DR Reda Manthovani meraih gelar Sarjana Hukum (S1).

Semangatnya menyelesaikan pendidikannya di jenjang lebih tinggi terus berlanjut. Ia kemudian meneruskan pendidikan gelar S2-nya tak tangung-tanggung ia raih di Faculté de Droit de l’UniversitédAix, Marseille III France, Perancis dari tahun 2001 hingga 2002. Tergolong cepat DR Reda Manthovani menyelesaikan S2 di Perancis.

Bahkan, DR Reda Manthovani menyempurnakan disiplin ilmu hukumnya dengan gelar S3. Kali ini, ia kembali ke Indonesia dengan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH-UI). Baginya, menuntut ilmu adalah panggilan jiwanya.

“Memang saya suka belajar, kadang membaca dan kadang menulis. Keduanya sejalan, khususnya terkait hukum saya sering dalami. Banyak buku-buku terkait hukum yang sering saya baca,” kata DR Reda Manthovani pada sebuah kesempatan berbincang dengan Lintas Parlemen, Jakarta, Selasa (8/3/2022) lalu.

Di waktu luangnya, DR Reda Manthovani menyempatkan waktunya mengajar para mahasiswa di sejumlah kampus di Indonesia.

DR Reda Manthovani mendapatkan kepercayaan penuh dari kampus S3-nya di FH-UI menjadi Tenaga Pengajar Tidak Tetap pada Fakultas Hukum UI.

Selain itu, DR Reda Manthovani juga dipercaya mengajar dengan mata kuliah disiplin Ilmu Hukum dengan Jabatan Fungsional di kampus S1-nya Universitas Pancasila sebagai Lektor Fakultas Hukum UP.

Kesibukannya menjadi Jaksa, ia juga menambah aktivitasnya dengan mengajar sebagai Tenaga Pengajar di Badan Diklat Kejaksaan RI dengan Mata Kuliah: “Tindak Pidana Pencucian Uang, Mutual Legal Assistance and Extradition.”

Aktivitas mengajarnya terus berlanjut meski menjadi Jaksa, DR Reda Manthovani dipercaya mengajar Mata Kuliah Perbandingan Hukum Pidana dan Penerapan Hukum Internasional dalam tatanan Hukum Nasional.

Digiqole ad

Berita Terkait