Profil Singkat Ravindra! Anak Airlangga Hartarto yang Dilantik Jadi Anggota DPR PAW

 Profil Singkat Ravindra! Anak Airlangga Hartarto yang Dilantik Jadi Anggota DPR PAW

JAKARTA – Sah! Ravindra Airlangga telah resmi menggantikan M. Ichsan Firdaus sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat V yang meninggal dunia karena serangan jantung pada pukul 01.30 WIB waktu di Yogyakarta, Ahad (27/3/2022) lalu.

Pada prosesi pelantikan Ravindra hari ini dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Ravindra dilantik bersama empat Anggota DPR RI pada Pergantian Antar Waktu (PAW) saat Rapat Paripurna DPR RI ke-25 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021-2022, Senayan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

“Bahwa sumpah saudara yang akan diucapkan merupakan tanggungjawab pada bangsa dan negara Indonesia, tanggungjawab untuk memelihara, menyelamatkan pancasila serta UUD RI 1945. Sumpah ini merupakan pada Tuhan Yang Maha Esa dengan segala keikhlasan, saya harap saudara ikuti lafal sumpah yang akan saya pandu,” ucap Puan saat memandu sumpa janji melantik keempat anggota DPR RI didampingi Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus dan Rachmat Gobel.

Dikutip web site DPR, keempat anggota DPR PAW yang dilantik hari ini yakni Ravindra Airlangga (Ichsan Firdaus) Fraksi Partai Golkar Dapil Jawa Barat V, Bahtra (Khairul Saleh) Fraksi Partai Gerindra Dapil Sulawesi Tenggara, Difriadi (Muhammad Nur) Fraksi Partai Gerindra Dapil Kalimantan Selatan II, dan Riswan Tony DK ( Aziz Syamsuddin) Fraksi Partai Golkar  Dapil Lampung II.

Kembali ke Ravindra, sesuai data KPU RI Ravindra Airlangga meraih 57.584 suara di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu. Revindra pemilik suara kedua setelah Ichan Firdaus dengan raihan 64.240 suara.

Ravindra lahir di Bekasi, Jawa Barat tepatnya tanggal 28 Agustus 1991 lalu. Ravindra merupakan politisi muda berpotensial dimiliki Partai Golkar. Ia adalah putra dari Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Ravindra diketahui memiliki jenjang pendidikan yang cukup baik menunjang karirnya ke depan dengan gelar Master of Science dari Johns Hopkins University di tahun 2016. Di mana tahun sebelumnya 2013 ia meraih gelar Bachelor of Arts in dari University of San Francisco.

Sesuai informasi orang terdekatnya, Ravindra sebagai kaum milenial memiliki perhatian khusus pada kemajuan di bidang IPTEK khususnya di bidang Bioteknologi. Sejumlah ide atau gagasannya terkait inovasi dan perkembangan dunia Ilmu Teknologi (IPTEK) di Indonesia.

“Selama Bung Revindra berkerja beliau berkecimpung atau bahkan mendalami di engineering, procurement and construction, serta informatika,” kata sumber yang tak ingin dibuka identitasnya ke Lintas Parlemen, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Di DPP Golkar, Revindra dipercaya sebagai Ketua Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DPP Partai Golkar. Kemudian adik kandung Revindra yakni Adanty Kurnia selaku Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar.

Oleh publik, Ravindra disebut-sebut sebagai putra mahkota Airlangga Hartarto yang diharap memiliki karir yang baik di dunia politik. Wajar jika Ravindra Hartarto memiliki kemampuan mirip sang Ayah.

Ravindra termasuk sosok yang terlihat merakyat, mudah berbaur bersama rakyat. Itu terlihat saat melakukan safari keliling Indonesia melihat aktivitas Yellow Clinic melayani masyarakat saat pandemi Covid-19. Kegiatan itu juga sekaligus untuk meninjau Klinik Pratama yang didirikan Partai Golkar diberi nama Yellow Clinic.

“Kami sangat mengapresiasi Pak Ketua (DPD Golkar Bali Sungawa Korry) bersama jajaran bergerak sangat cepat mewujudkan Klinik Pratama, tujuan klinik mampu melayani masyarakat,” kata Ravindra saat mengunjungi Klinik Pratama Yellow Clinic di Bali 10 Mei 2021 lalu, seperti dikutip web site www.balipuspanews.com, Selasa (14/6/2022).

Saat itu, Ravindra menyemangati para pengurus Partai Golkar melayani rakyat selama pandemi. Ia berharap DPD Partai Golkar Bali bisa jadi teladan DPD lainnya di seluruh Indonesia. Di mana klinik serupa milik DPP Partai Golkar Badan Pelayanan Umum Kesehatan sudah rampung dibangun.

Kegiatan pelayanan kesehatan di Klinik Pratama sudah mulai beroperasi melayani masyarakat dengan fasilitas kesehatan berstandar nasional agar layanan yang dimiliki berkualitas tinggi.

Laporan: Aidil Muhammad

Editor: Habib Harsono

 

 

 

Digiqole ad

Berita Terkait