Raih Penghargaan Internasional! Gegara Airlangga Berhasil Bawa RI Bertahan dan Bangkit dari Situasi Sulit

JAKARTA – Beberapa waktu lalu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto raih penghargaan Priyadarshni Academy 2021. Penghargaan itu diraih Airlangga atas pencapaiannya memulihkan ekonomi di tengah ujian Pandemi Covid-19.

Tak hanya berhasil berkontribusi pada pemulihan ekonomi, juga Airlangga dinilai sebagai tokoh Indonesia yang besar kontribusinya pada proses pemulihan ekonomi nasional. Bahkan pencapaian Airlangga tersebut bisa dirasakan juga oleh masyarakat dunia seperti India.

“Sungguh suatu keistimewaan dan kehormatan bagi saya untuk menerima penghargaan yang diberikan oleh Priyadarshni Academy atas kontribusi luar biasa bagi pemulihan ekonomi nasional,” kata Airlangga usai menerima penghargaan tersebut seperti video Youtube yang diterima Lintas Parlemen, Jakarta, Senin (31/10/2022).

Pencapaian Airlangga karena berhasil menyalurkan  Bantuan Langsung Tunia (BLT) selama Pandemi Covid-19 sebagai upaya pemulihan ekonomi. Yang sudah dibayar sementara per 30 September 2022 mencapai Rp22,17 Triliun di bidang Penangan Kesehatan, Perlindungan Masyarakat dan Penguatan Pemulihan Ekonomi.

Di mana penghargaan kali ini diterima secara fisik  langsung oleh Airlangga dari India, Kamis (20/10/2022) lalu yang President, Indo-American Chamber of Commerce (Western Region) part of Priyadarshni Academy Mr Saurabh Shah. Hadir Konjen RI di Mumbai, India Agus Prihatin Saptono untuk mendampingi Airlangga.

Tak Airlangga yang raih penghargaan pada waktu yang sama, ada empat tokoh memperoleh penghargaan bidang mereka masing-masing seperti Founder and Chairman Adani Group Ahmedabad dari India; Gautam Adani, President & CEO The Chosunibo dari Korea Selatan; Sang-Hoon Bang, Founder The Art of Living Bengaluru dari India; Gurudev Sri Ravi Shankar, Chair Grantha Research Institute on Climate Change and Environment The London School of Economics dari UK; Lord Nicholas Stren dan Chair UN Women dan Member of The House of Lords dari UK Baroness Sandip Verma.

Atas penghargaan tersebut, peneliti senior dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad. Menurut Saidiman, Airlangga sangat layak meraih penghargaan tesebut. Mengingat, kata Saidiman kinerja Airlangga selama jadi Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mampu membuat kondisi ekonomi di dalam negeri membaik dengan terlepas dari ancaman resesi.

“Bila kita melihat kondisi ekonomi di Indonesia, semua khawatir seperti yang terjadi sama di India. Alhamdulillah, kekhawatiran tersebut tidak terjadi, dan bisa diatasi oleh Pak Airlangga, semua sempurna mampu dikendalikan dan dilewati,” ujar Saidiman.

Selanjutnya nonton dengan klik di link G24

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait