Ribuan Warga Makassar Sholat Gerhana di Pantai Losari

 Ribuan Warga Makassar Sholat Gerhana di Pantai Losari

Makassar, LintasParlemen.com-Sekitar Lima ribuan warga Kota Makassar berkumpul di Anjungan Pantai Losari melaksanakan Sholat Sunnat Gerhana Matahari  yang berlangsung pada pukul 07.29 Wita- 07.46 Wita. Rabu (9/3).

Peristiwa Gerhana Matahari ini tak ubahnya seperti momen Hari Raya Sholat Idul Fitri, saat masyarakat Sholat gerhana di tanah lapang yang dihadiri puluhan ribu umat Islam.

Fenomena alam ini dirangkaikan dengan kegiatan Festival Batturatema ri Bulang yang digagas Pemkot Makassar, yang terdiri dari beberapa kegiatan, seperti Sholat Gerhana berjamaah, dzikir dan pembacaan tausiah oleh Ustadz Khalid Basalamah, serta pertunjukan seni budaya khas Makassar, Tunrung Pakanjara dan Assinrilik.

Dalam acara ini juga Kabid Pemantauan Kantor Badan Meteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG) wilayah IV Makassar Irwan Slamet juga memberi penjelasan fenomena alam ditinjau dari aspek sains pada ribuan warga yang memadati anjungan Pantai Losari.

Dua layar besar tersedia yang menyajikan tayangan live streaming Gerhana Matahari di Makassar yang mencapai 88 persen serta dua unit Teleskop yang diperuntukkan bagi warga yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari.

Hadir dalam sholat gerhana ini, Walikota Makassar, Wakil Walikota Makassar, Wakil Pimpinan DPD Farud Muhammad, Angota DPRD Makassar, SKPD, pimpinan TNI dan Polri, serta ribuan warga Kota Makassar.

“Jangan jadikan gerhana matahari ini sebagai kebanggaan karena terjadi di Kota Makassar. Tapi ini adalah tanda-tanda kebesaran Allah SWT,” Kata Dr. Khalid Basalamah Lc saat membawakan Khutbah Sholat Sunnat Gerhana Matahari.

Sedangkan Walikota Makassar mengatakan akan mengabadikan peristiwa ini dengan membuat museum foto Gerhana Matahari 2016 dan akan membuat tugu batu di Anjungan Losari yang bertuliskan kita pernah diadakan sholat Gerhana Matahari di sini.

(ALK)

Digiqole ad

Berita Terkait