Roberth Rouw Sebut Kecelakaan Kereta Api Awal Tahun 2024 Sangat Fatal

 Roberth Rouw Sebut Kecelakaan Kereta Api Awal Tahun 2024 Sangat Fatal

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw mengatakan kejadian kecelakaan kereta api yang terjadi pada awal tahun 2024 merupakan kejadian yang fatal.

Roberth menyesalkan terjadinya kecelakaan yang dialami oleh KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang mengakibatkan 4 korban meninggal dunia, termasuk masinis.

“Masih ada terjadi kecelakaan yang fatal, tabrakan adu kepala antara kereta di jalur yang sama satu jalur. Karena itu (kecelakaan) ini tidak boleh terjadi lagi, teknologi sudah banyak yang bisa mengatasi itu semua,” kata Roberth dalam Rapat Kerja Komisi V dengan Menteri Perhubungan RI, Menteri PUPR RI, Kepala BMKG dan Kepala Basarnas membahas evaluasi pelaksanaan angkutan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Untuk itu, Roberth menegaskan tidak boleh ada lagi kecelakaan terjadi pada moda transportasi yang memiliki jalur khusus tersebut. Terlebih, dengan teknologi yang semakin maju, KAI diminta untuk memperbaiki sistem yang ada untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang di kemudian hari.

“Maka ini saya mohon Pak Menteri dan jajaran tolong ini tidak boleh lagi terjadi. Begitupun kepada rakyat, Bapak (Menhub) harus bisa menjawab sistem yang harus dibuat supaya tidak bisa lagi kalau ada kereta di satu jalur yang sama, kereta itu akan berhenti. Tunjukkan itu pada rakyat, kapan sistem itu bisa dipakai,” jelas Politisi Fraksi Partai NasDem ini.

“Supaya rakyat yang naik kereta itu merasa nyaman di dalam kereta,” terang Roberth.

Hal tersebut, menurutnya penting untuk dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat akan moda transportasi kereta api yang nyaman.

“Supaya rakyat yang naik kereta itu merasa nyaman di dalam kereta. Katanya angkutan yang paling nyaman dari semua angkutan itu kereta api, karena dia punya jalur khusus yang tidak bisa diganggu siapapun,” lanjutnya.

Sebagai informasi, beberapa kecelakaan yang melibatkan moda transportasi kereta api terjadi di Indonesia pada awal tahun 2024 ini. Di antaranya adalah insiden anjloknya kereta di Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur; tabrakan kereta dengan mobil pada perlintasan sebidang yang terjadi di tiga lokasi terpisah, yaitu Klaten, Banyuwangi, dan Tebingtinggi; serta sebelumnya telah terjadi kecelakaan yang melibatkan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (5/1/2024).

Berita Terkait