Sah! Komisi III DPR Tetapkan Agung Johanis Tanak Pengganti Pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar

 Sah! Komisi III DPR Tetapkan Agung Johanis Tanak Pengganti Pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar

JAKARTA – Sah! Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Johanis Tanak sah menjadi pengganti komisioner KPK Lili Pintauli Siregar yang kemudian dibawa ke rapat paripurna DPR RI. Johanis unggul atas auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) I Nyoman Wara.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI DR Ir Adies Kadir, SH, MHum adalah Johanis meraih suara terbanyak 38 suara. Sementara Indonesia Nyoman hanya memperoleh 14 total suara dari total 53 suara. Hanya 1 suara yang dinyatakan abstain karena Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni berhalangan hadir.

“Ahmad Sahroni tak bisa menggunakan tak suaranya karena tak bisa hadir. Selanjutnya, telah kita saksikan perolehan suara. Izinkanlah pimpinan menyimpulkan berdasarkan dari perolehan suara seleksi pergantian pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023 adalah sebagai berikut adalah atas nama Saudara Johanis Tanak, terpilih sebagai calon anggota pengganti pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023. Apakah dapat kita seetujui?” kata Adies menyampaikan hasil voting pengganti pimpinan KPK saat memimpin rapat.

“Setuju”, lanjut Adies mengulangi ucapannya sebelum mengetok palu rapat.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI gelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon pengganti komisioner KPK Lili Pintauli Siregar di ruang rapat Komisi III DPR RI, Nusantara II, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu, 28 September 2022.

Rapat ini dimulai pukul 14.00 WIB yang dipimpin oleh Ketua Komisi III DPR RI Ir Bambang Wuriyanto, MBA yang kemudian dilanjutkan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI DR Ir Adies Kadir, SH, MHum pada proses voting berlangsung pada pukul 16.05 WIB.

“Perlu kami sampaikan bahwa calon pengganti pimpinan KPK ini masa jabatan 2019-2023 ini akan berakhir November tahun 2023. Kami sampaikan juga bahwa hasil pemilihan anggota ini akan disampaikan pada rapat paripurna terdekat,” terang Adies.

Selanjutnya tonton di link LintasTV

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait