Sambo Dilaporkan ke KPK Atas Dugaan Kasus Suap

 Sambo Dilaporkan ke KPK Atas Dugaan Kasus Suap

JAKARTA – Ferdy Sambo mantan Kadiv Propam Polri dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Tim Advokat Penegakan Hukum dan Keadilan (TAMPAK).

Roberth Keytimu Koordinator TAMPAK mengatakan, bahwa kasus itu bermula dari dua pegawai Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) saat bertemu di ruangan Sambo.

“Usai pertemuan kemudian dikasih dua amplop berwarna cokelat dan di dalamnya terdapat uang yang kira-kira tebalnya 1 centimeter,” kata Roberth kepada wartawan, Senin (15/8/2022).

Lebih jauh, Roberth mengungkapkan, bahwa dua petugas LPSK tersebut gemetar dan meminta agar amplop tersebut dikembalikan pulang. Sehingga, dari situ TAMPAK menilai ada dugaan suap yang dilakukan Sambo.

“Kedua anggota LPSK itu gemetar saat Sambo meminta LPSK memberi perlindungan kepada istrinya Putri Candrawathi,” jelasnya.

Oleh karenanya, terang dia, dugaan kasus tersebut masuk dalam tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 jo Pasal 15 Undang-Undang No. 31 Tahun 1999.

“Dimana bunyi pasal tersebut entang Pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2021,” ucapnya.

“Kita ingin KPK bisa menindak tegas terkait dugaan kasus tersebut tanpa terkecuali,” tukasnya.

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait