‘Sampah Infeksius Bisa Jadi Agen Penularan Covid-19’

‘Sampah Infeksius Bisa Jadi Agen Penularan Covid-19’

BERBAGI

PADANG – Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto dalam perjalanan dinasnya ke daerah pemilihan berkesempatan hadir sebagai narasumber utama (keynote speaker) pada kegiatan
Sosialisasi Penanganan Limbah Infeksius Covid-19 pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang diadakan secara daring di Padang. Hermanto menegaskan limbah Covid-19 harus dikelola serius.

“Dampak dari Pandemi Covid-19 sudah tampak nyata berupa limbah buangan yang kita sebut dengan sampah infeksius. Sampah ini bisa menjadi agen penularan virus corona kepada orang sehat”, papar Hermanto.

Karena itu, lanjutnya, sampah ini harus dikelola dengan serius. “Pada rapat dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan belum lama ini saya minta menteri untuk mengadakan bak sampah, motor sampah, dan masyarakat yang mengolah sampah agar ditunjang dengan anggaran yang cukup,” tutur legislator dari FPKS DPR ini.

“Untuk anggaran yang sudah dialokasikan, agar segera direalisasikan,” tambahnya.

Kegiatan ini, jelasnya, merupakan salahsatu realisasi anggaran penanganan covid-19 tersebut. Realisasi anggaran yang lain, dalam waktu dekat akan turun bantuan ke RSUD-RSUD sarana dan prasarana penanganan limbah covid-19 berupa: drop box limbah B3, plastik pengumpul Limbah B3 dan APD petugas pengelola limbah B3.

“Bagi kelompok masyarakat ada bantuan kendaraan pendukung penyemprotan disinfektan plus tangki dan pompa,” ungkap legislator dari dapil Sumbar 1 ini.

Disamping hadir sebagai narasumber utama, Hermanto juga secara simbolis menyerahkan bantuan sarana prasarana pengolahan sampah kepada 5 RSUD dan masyarakat di Sumatera Barat kepada Direktur RSUD Padang Herlin Sridiani. Untuk Sumatera Barat dialokasikan bantuan sarana dan prasarana berupa 35 unit drop box limbah B3, 7000 lembar plastik pengumpul Limbah B3, 200 paket APD petugas pengelola limbah B3 dan dan 5 Kendaraan pendukung penyemprotan disinfektan plus tangki dan pompa.

Kegiatan sosialisasi secara daring ini diikuti oleh narasumber lain dan peserta di 6 lokasi yaitu RSUD dr. Rasyidin Kota Padang (lokasi utama), Direktorat Pengolahan Sampah Jakarta, Kantor Dinas Kesehatan Kota Padang, Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, RSUP M Djamil Kota Padang dan Kantor LSM Mitra Ummat Padang. (Joko)

Facebook Comments