Sartono Hutomo Desak BRIN Tingkatkan Riset Baterai Kendaraan Listrik Berkualitas Tinggi

 Sartono Hutomo Desak BRIN Tingkatkan Riset Baterai Kendaraan Listrik Berkualitas Tinggi

JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo berharap Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk fokus dan serius meningkatkan riset baterai kendaraan listrik yang lebih kecil, dengan kualitas tinggi. Tak hanya murah, Sartono juga minta baterai itu terjangkau dengan harganya murah serta awet digunakan.

Apalagi, lanjut Sartono, telah terdapat target Net Zero Emission pada tahun 2060 nanti, dimana salah satu sumber polusi adalah penggunaan bahan bakar fosil.

“Sekarang ada teknologi mobil dan motor listrik ini yang sejak beberapa tahun lalu disosialisasikan bahkan masyarakat juga sudah menggunakannya, apalagi kemarin acara KTT G20 di Nusa Dua Bali digencarkan penggunaan mobil listrik. Sayangnya, akhir-akhir ini sosialisasi penggunaan kendaraan listrik tersebut kembali kurang terlihat. Sehingga pengguna kendaraan listrik pun perkembangannya relatif tidak bertambah,” ungkap Sartono saat Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan Kepala BRIN di ruang rapat Komisi VII DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (29/11/2023) seperti dikutip situs DPR RI.

Hal tersebut, lanjutnya, salah satunya karena ada berbagai masalah di lapangan terkait penggunaan kendaraan listrik tersebut. Seperti pengisian baterai, jarak tempuh, kualitas baterai dan lain-lain. Oleh karena itu pihaknya berharap BRIN bisa menghadirkan baterai kendaraan listrik berkualitas tinggi namun awet dan terjangkau.

Dalam hal ini diungkapkan Sartono, DPR akan mendukung penuh semua keputusan yang bisa mengakselerasi percepatan dari penelitian tersebut. Pasalnya, politisi dari Fraksi Partai Demokrat ini menilai pangsa pasar kendaraan listrik sejatinya sangat besar.

“Oleh karenanya, butuh keputusan politik untuk bisa fokus terhadap pengembangan industry kendaraan listrik, khususnya baterai kendaraan listrik,” pungkas Sartono.

Berita Terkait